Semarakkan Tanwir, Tapak Suci Hadirkan 10 Perguruan Pencak Silat

By Redaksi 22 Jul 2017, 11:08:46 WIB Budaya Nusantara
Semarakkan Tanwir, Tapak Suci Hadirkan 10 Perguruan Pencak Silat

Keterangan Gambar : Logo Tanwir TSPM (Dok. PPTS)


WPdotCOM – Perjalanan setiap lembaga, baik organisasi maupun bentuk kelompok lainnya, ditandai dengan adanya keteraturan yang mengikat tubuh masing-masing kelompok. Begitu pula dengan Tapak Suci sebagai sebuah organisasi pencak silat di negeri ini, terus lakukan perbaikan dan pematangan gerakannya.

Pematangan konsep gerakan, melalui kegiatan-kegiatan yang dituntun dalam setiap peraturan yang mengikatnya, dilakukan Tapak Suci dengan tertib dan mekanisme yang jelas.

Setidaknya itulah yang tergambar dari persiapan digelarnya Tanwir Tapak Suci 2017, yang akan dilangsungkan oleh Pimpinan Pusat organisasi pencak silat berseragam merah-merah tersebut pada tanggal 28 hingga 30 Juli ini.

“Kita memiliki beberapa rangkaian kegiatan pada Tanwir yang akan digelar pekan depan. Selain Tanwir, kegiatan kali ini sekaligus mengambil momen hari jadi Tapak Suci yang ke-54 pada tanggal 30 Juli mendatang,” demikian disampaikan Romy Andriansyah, Wakil Ketua Panitia Tanwir kepada WARTA PENDIDIKAN melalui pesan singkatnya, Jumat (21/7).

Masih menurut pemegang sabuk hitam dengan nama tingkatan Pendekar ini, kegiatan Tanwir perguruan beladiri pencak silat yang dinaungi oleh Persyarikatan Muhammadiyah tersebut, akan digelar di auditorium Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Daerah Istimewa Yogjakarta.

Mengenai rangkaian kegiatan yang akan mengisi helat yang ditaja Pimpinan Pusat Tapak Suci itu, Pendekar Romy menjelaskan, pada tanggal 28 Juli nanti, seluruh peserta yang terdiri dari Utusan Wilayah Tapak Suci akan diterima panitia di lokasi acara. Pada hari yang sama, sidang-siang pleno yang telah dirumuskan oleh panitia akan digelar secara marathon hingga malam hari.

“Di hari kedua, peserta Tanwir Tapak Suci akan melakukan registrasi resmi sesuai aturan yang tertuang pada kebijakan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Tapak Suci. Siang harinya, akan dilakukan pembukaan secara resmi oleh Pimpinan Pusat Tapak Suci. Dan acara akan dilanjutkan dengan sidang pleno seperti sebelumnya,” terang Romy .

Selanjutnya masih menurut Romy, pada hari terakhir rangkaian Tanwir, akan diisi dengan latihan bersama seluruh utusan wilayah bersama pimpinan pusat. Latihan bersama itu akan dimulai pada pukul 15.30 WIB di alun-alun Utara Kota Jogjakarta, dan dilanjutkan dengan resepsi Milad ke-54 Tapak Suci Putera Muhammadiyah pada malam harinya.

Menyemarakkan Tanwir Tapak Suci 2017 serta Milad ke-54, Pimpinan Pusat Tapak Suci juga menggelar Silaturrahmi dan Musyawarah 10 Perguruan Historis Pencak Silat. Kegiatan yang akan diikuti oleh perguruan silat Putra Betawi, PS Phasadja Mataram, PS Perpi Harimurti, PS Perisai Diri, PS Persaudaraan Setia Hati Terate, PS Persaudaraan Setia Hati, PS Perisai Putih, PS Persatuan Pencak Silat Indonesia, serta PS Keluarga Pencak Silat Nusantara, dan Tapak Suci sebagai tuan rumah, akan membicarakan banyak hal terkait pengembangan pencak silat nasional. (*)

 

Reporter: d’Nouvelle

Editor: d’Nouvelle




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment