Sepotong Kisah Workshop Menulis di SD Negeri Bandulan 5

By Redaksi 05 Nov 2017, 06:19:48 WIB Sekolah Indonesia Menulis
Sepotong Kisah Workshop Menulis di SD Negeri Bandulan 5

Keterangan Gambar : Ilustrasi (Dok. Google)


WPdotCOM -- Sebagian dari guru sekolah dasar di Kota Malang mengikuti pelatihan yang didakan oleh P3SDM Melati. Hari ini, kami adalah peserta angkatan ke-6 dari 7 angkatan yang digelar oleh P3SDM Melati yang beralamat di jalan Danau Tambingan Sawojajar Kota Malang itu.

Tempat pelaksanaan workshop Penulisan Karya Ilmiah angkatan ke-6 ini, berlokasi di SDN Bandulan 5 Malang jalan Bandulan Baru nomor  251A, Kelurahan Bandulan, Kecamatan Sukun Kota Malang. Ada 10 orang peserta yang kali ini dibimbing oleh para instruktur lembaga tersebut. Mereka itu adalah, Drs Suharsono, M.Pd., Djoni Purhadi, S.Pd., Dhiyan Wulandhari, M.Pd., Eko Nur Tjahjowati, S.Pd., dan Isnaini Faristin, S.Pd., yang berasal dari SD Negeri Bandulan 5.

Sementara itu peserta lain adalah Suipna, S.Pd., dari SDN Gadang 1, Masrifah, S.Pd dari SDN Purwodadi 3, Dila Mei Dwiharini dari SDN Pisangcandi 4, Rinawati  dari SDN Gadang 3, dan Agnes Ekowati yang juga berasal dari SDN Bandulan 5. Namun kehadiran peserta hanya ada 9 orang, karena Agnes Ekowati tidak dapat hadir di hari pertama workshop.

Sebagian hasil yang saya dapatkan dari kegiatan hari ini adalah, tumbuhnya kembali semangat untuk melakukan kegiatan menulis. Menuliskan tentang apa yang sudah kami lakukan dalam kegiatan pembelajaran di kelas, yang selama kurang didokumentasikan dalam bentuk tulisan, maupun buku atau berupa artikel.

Menurut Nova Indra salah seorang narasumber workshopi nara sumber kami hari ini, artikel itu adalah berupa karangan. Sedangkan artikel itu sendiri terdiri dari beberapa macam yang diidentitaskan berdasarkan ciri-cirinya. Ada artikel yang berjenis eksploratif, yaitu tulisan yang merupakan hasil dari menggali atau meneliti suatu masalah yang fokus. Ada artikel berjenis eksplanatif, yakni tulisan yang isinya menerangkan tentang sesuatu, berdasarkan fakta atau kejadian dan lain-lain.

Sementara itu, pada jenis lainnya dijelaskan terkait artikel deskriptif, yang dijelaskannya sebagai tulisan yang isinya menjelaskan tentang sesuatu persoalan. Begitu pula dengan artikel prediktif, yaitu tulisan yang isinya memprediksi sesuatu berdasarkan kondisi sebelumnya. Di lain jenis, narasumber juga menerangkan tntang artikel preskriptif. Yaitu tulisan yang berupa tuntunan atau petunjuk prosedur untuk melakukan sesuatu, agar pembaca tidak salah dalam melakukannya.

Pada sesia bagian akhir dari materi tersebut, narasumber menjelaskan terkait apa yang dimaksud dengan artikel ilmiah. Yaitu artikel yang memiliki ciri-ciri atau memenuhi beberapa persyaratan, diantaranya artikel yang ditulis dengan tata cara atau panduan ilmiah. Artikel Ilmiah hanya membahas satu topik saja. Selain itu, artikel ilmiah harus berdasarkan penyelidikan, pengamatan, mengumpulkan data dari aktivitas penelitian, penelitian lapangan, dan tes laboratorium ataupun kajian pustaka.

Penulis: Djoni Purhadi (Guru SD Negeri Bandulan 5 Kota Malang)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

  1. Djoni Purhadi 05 Nov 2017, 09:24:23 WIB

    Terimakasih mas Nova Indra untuk penerbitan artikel saya

View all comments

Write a comment