SMAN 1 Wungu Madiun Launching Program Double Track

By Redaksi 21 Nov 2019, 12:41:34 WIB Daerah
SMAN 1 Wungu Madiun Launching Program Double Track

WPdotCOM, Madiun -- Dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-35 SMAN 1 Wungu Madiun, Ritul Idha Djarwati, S.Pd., M.Pd, kepala sekolah setempat, meluncurkan program Double Track.

Program tersebut adalah program pembelajaran yang menggabungkan cara belajar SMA dan SMK. Dimana setiap siswa akan diberi keterampilan tambahan untuk menyiapkan lulusan siap kerja. Bula lulusannya tidak melanjutkan ke pendidikan tinggi, dengan bekal keterampilan tersebut, mereka dapat berkeasi dan menciptakan lapangan kerja.

Program Double Track dikhususkan bagi siswa kelas XI yang pembelajarannya dikemas seperti ekstrakurikuler keterampilan, yang masuk dalam pembelajaran setiap hari Jumat mulai pukul 13.00 – 16.00.

“Ada 5 bidang keahlian atau jurusan keterampilan yang diselenggarakan di SMAN 1 Wungu. Kelima bidang tersebut adalah Tata Boga, Kecantikan, Teknik Elektronika, Teknik Kendaraan Ringan, dan Multi Media,“ demikian diungkapkan Ritul kepada media ini melalui pesan singkatnya, Kamis (21/11)

Menurut Ritul, keterampilan tambahan yang diberikan kepada siswa SMAN 1 Wungu diporsikan sebagai ekstra kurikuler (ekskul). Dengan ketentuan, setiap siswa minimal satu tahun mengikuti kegiatan keterampilan sesuai bidang kompetensi masing-masing jurusan.

“Program Double Track ini merupakan program Pemerintah dan Dinas Pendidikan Jawa Timur yang bekerjasama dengan ITS Surabaya. Diselenggarakannya program Double Track dengan melibatkan PTN, dapat memberikan pengaruh positif dan inspirasi bagi sekolah penyelenggara dan peserta didik yang mengikuti program. Sehingga, di masa mendatang bisa menjadi bekal keterampilan dan kemandirian siswa untuk menjadi tenaga siap kerja. Ataupun menjadi wirausaha unggul yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat maupun bagi dirinya sendiri,“ sambungnya.

Sedangkan untuk tenaga instruktur, ia menjelaskan, diambil dari guru yang mengajar atau tenaga yang bekerja di SMAN 1 Wungu, yang sebelumnya telah dididik dan dilatih oleh tenaga edukasi dari ITS. Para trainer tersebut, saat ini telah bersertifikat sebagai pendidik sekolah Double Track dari UPT Pusat Pelatihan dan Sertifikasi Profesi ITS. Agar program sekolah Double Track ini berhasil sesuai tujuan, sasaran, dan harapan.

“Dalam pelaksanaannya, kegiatan sekolah Double Track terus dipantau oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur dan ITS secara langsung dan kontinu,“ pungkasnya. (*/ni)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment