SMANDA Berbagi, Kirim Bantuan untuk Korban Gempa Lombok Hari Ini

By Redaksi 27 Agu 2018, 09:37:17 WIB Liputan Khusus
SMANDA Berbagi, Kirim Bantuan untuk Korban Gempa Lombok Hari Ini

WPdotCOM – Musibah apapun di muka bumi tidak mengenal waktu. Tidak satupun kekuatan manusia untuk dapat menolak atau menghentikannya.

Seperti gempa bumi yang melanda Nusa Tenggara Barat tepatnya di Pulau Lombok beberapa waktu lalu. Berturut-turut terjadi gempa besar di pulau wilayah Timur Indonesia tersebut.

Tercatat sejak kejadian tanggal 28 Juli dengan kekuatan magnitude 6.4 SR, telah terjadi dua kali gempa berikutnya dengan kekuatan melebihi gempa pertama dengan magnitude 7.0 SR pada tanggal 5 Agustus, dan magnitude 6.9 SR pada tanggal 19 Agustus.

Hingga hari ini, gempa yang menelan korban 555 jiwa itu, menyisakan pilu yang mendalam di tengah kehidupan masyarakat setempat. Setidaknya, sebagaimana dilansir media, 390.529 jiwa masih berada di pengungsian. Rumah dan kediaman mereka telah luluh-lantak disebabkan guncangan gempa yang terus-menerus dengan magnitude bervariasi.

Bantuan dari berbagai pihak dan penjuru tanah air berdatangan. Duka yang dirasakan masyarakat Lombok menjadi bagian dari luka Nusantara. Setiap daerah, organisasi, baik pemerintah maupun non pemerintah, bahu-membahu memberikan bantuan.

Alumni tahun 1991 SMA Negeri 2 Kota Malang, melalui kegiatan yang mereka beri nama SMANDA Berbagi, turut pula mengumpulkan bantuan di kalangan internal mereka. Seminggu belakangan melalui jejaring aplikasi chatting tempat mereka mengomunikasikan perihal bantuan,hingga kemarin sudah terkumpul lebih kurang 10 juta rupiah.

“Jumlah bantuan ini terkumpul dari internal alumni angkatan 91 SMA Negeri 2 Malang. Sengaja ini kami lakukan mengingat saudara-saudara kita yang tengah dilanda musibah, sangat membutuhkan bantuan,” demikian ujar Rimba Safari salah seorang alumni yang dihubungi WARTA PENDIDIKAN melalui pesan singkat, Senin (27/8).

Menurut Rimba, dari bantuan dana yang dikumpulkan tersebut, hari ini akan dikirim ke lokasi bencana dalam bentuk barang. Pengiriman bantuan dengan jumlah 10 koli itu akan dikirim melalui angkutan umum menuju Mataram.

“Ke depan, program bantuan masih akan dilanjutkan oleh alumni angkatan lainnya. Kami berharap ini dapat memicu alumni-alumni lain untuk ikut memberikan bantuan bagi saudara-saudara kita di Lombok,” terang Rimba.

Sementara itu, menurut Fatimah, Bendahara SMANDA Berbagi saat dimintai keterangan oleh media ini, timnya sudah menyiapkan barang bantuan berupa tenda kecil, tenda terpal, makanan ringan, pembalut wanita, dan selimut.

“Di daerah itu, sudah menunggu salah seorang alumni yang selama ini menetap di lokasi dan ikut menjadi relawan tanggap darurat. Dia yang akan membantu meneruskan bantuan kepada yang membutuhkan. Semoga bantuan kecil dari kami merupakan bukti kepedulian antara sesama,” ujar Fatimah. 

Reporter: Nova Indra

Editor: d’Nouvelle




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment