Tentukan Takdirmu Sendiri, Jangan Salahkan Pemilik Kehidupan

By Redaksi 30 Jul 2018, 09:08:35 WIB Sekolah Indonesia Menulis
Tentukan Takdirmu Sendiri, Jangan Salahkan Pemilik Kehidupan

WPdotCOM -- Apa sih yang sebenarnya Anda cari dalam hidup ini? Apakah Anda mencari kebahagiaan? Atau mungkin Anda punya misi lain dalam menjalani kehidupan? Kebebasan atau jalan kebaikan?

Sebenarnya tujuan hidup itu bukan menjadi masalah yang besar, asalkan tujuan hidup adalah untuk kebaikan. Dengan begitu hidup akan dipenuhi dengan hal-hal yang baik, yang positif.  Jangan sampai justru menyusahkan orang lain, atau bahkan membuat keresahan dalam masyarakat. Menjadi pusat perhatian dan cibiran banyak orang.

Apapun yang dijalani dalam kehidupan ini, sudah selayaknya diisi semangat hidup, sehingga bisa menjalani kehidupan dengan lebih baik lagi. Lalu apa yang harus dilakukan untuk membangkitkan semangat hidup yang mungkin sudah mulai melemah? Bisa jadi sekarang ini ada masalah besar dan disimpan sendiri, yang akhirnya membuat hidup ini terasa berat untuk dijalani.

Memang benar, jika kita sedang dihadapkan dengan masalah tentuya akan merasa tertekan, lemah, dan ingin menyerah. Namun sebagai manusia yang memiliki Tuhan dan percaya bahwa masa depan kita bisa lebih baik, masih ada jalan yang harus menjadi pilihan positif. Berikut ini akan kami berikan tips mengenai cara untuk membangkitkan semangat hidup.

Pertama, Jika Anda memiliki masalah besar, bersabarlah. Sabar bukan berarti diam, melainkan juga terus berusaha untuk menyelesaikan masalah tersebut. Selain sabar, Anda harus berserah diri pada Tuhan yang Anda yakini bisa membantu Anda keluar dari masalah. Beribadah, mendekatkan diri pada Tuhan dan senantiasa bersabar hingga masalah tersebu terlewati.

Kedua, Anda harus bisa mencari sumber masalah yang ada. Mengapa masalah tersbeut bisa terjadi? Bagaimana solusinya? Lakukan evaluasi kecil yang bisa membantu Anda dalam memecahkan masalah sehingga Anda bisa lebih lega karena setiap masalah bisa diurai menjadi lebih kecil yang penanganannya lebih mudah.

Dan ketiga, mulailah untuk menyelesaikan masalah tersebut. Selesaikan satu per satu dengan tujuan bahwa Anda benar-benar ingin menyelesaikan dengan penuh tanggung jawab apapun resikonya. Itu mengapa semangat hidup penting untuk kita miliki.

Anda pun harus sadar jika semangat hidup tersebut sebenarnya berasal dari dalam diri sendiri. Sebuah cara untuk selalu memiliki semangat hidup yang positif adalah dengan mengenal diri sendiri. Mengenal bagian-bagian dari diri, sehingga bisa menata setiap bagian dari diri dengan baik. Kita harus memahami bagian mana yang merupakan fisik, pikiran dan jiwa. Dalam jiwa inilah terdapat eogo, amarah, dan keinginan. Sebuah bagian yang tidak dapat dipisah-pisahkan dari dalam diri kita. Bila kita dapat menatanya dengan baik, maka kita akan dapat memiliki semangat hidup yang selalu tinggi, semangat hidup yang dapat membuat hidup kita berjalan dengan tertata menuju kesuksesan yang hakiki.

Narasi: Santy Fidrianna (disadur dari solusisupersuskses.com)

Quote: Nova Indra

Desain: Santy Fidrianna

Gambar latar: (Gooogle Image)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment