Ternyata Menulis Itu Hanya Butuh Hal Sepele; Motivasi

By Redaksi 05 Feb 2018, 18:50:15 WIB Sekolah Indonesia Menulis
Ternyata Menulis Itu Hanya Butuh Hal Sepele; Motivasi

WPdotCOM -- Minggu 4 Pebruari 2018. Hari ini saya mengikuti workshop Menulis Buku dan Jurnal yang dibimbing P3SDM Melati.

Saat mendengarkan penjelasan dan bimbingan, ternyata mudah dipahami. Menulis sebuah artikel yang menjadi kendala dan tantangan karena takut salah, ternyata akan memotivasi dan memacu saya untuk meningkatkan lagi keterampilan di bidang ini.

Pengalaman saya membuat sebuah artikel, memang butuh waktu untuk mempersiapkan baik bahan-bahan tulisan, sumber referensi yang digunakan. Sehingga keinginan untuk menulis artikel lagi masih tertunda, karena tugas-tugas dari sekolah yang harus segera terselesaikan.

Tugas rutin mengajar, membuat perangkat mengajar, membuat laporan SKP, PKB, dan sebagainya.

Sebenarnya ada keinginan untuk  bisa melanjutkan menulis artikel lagi, dan juga menulis buku, tapi belum bisa terpenuhi. Melalui workshop Menulis Buku dan Jurnal yang dibimbing P3SDM hari ini, semoga menambah motivasi dan semangat untuk bisa menulis artikel dan buku. Dari penjelasan yang diberikan Nova Indra, narasumber kegiatan ini,  semakin terpacu untuk lebih rajin menulis menulis dan menulis.

Jika akan memulai menulis, kadang-kadang masih muncul keraguan, apakah tulisan ini layak ya?  Apakah tulisan ini sesuai dengan bidang saya?  Itu antara lain rasa keraguan yang muncul dari diri sendiri. Oleh karena itu masih saja belum punya waktu untuk menulis lagi.

Setelah mengikuti workshop ini, semoga keraguan-keraguan itu tidak ada lagi. Bisa memanfaatkan motivasi dari narasumber untuk lebih semangat lagi dalam menulis. Karena dalam menulis tidak harus menunggu, tidak harus ragu. Apa yang ada dalam pikiran kita, apa yang muncul dalam ide, bisa ditulis. Apa yang dilihat di sekitar, sebenarnya bisa menjadi sumber inspirasi dalam menuangkan ide dalam sebuah tulisan. Secara pribadi tentunya harus menyemangati diri sendiri. Hilangkan semua keraguan. Ayo semangat, semangat! Hari ini saya menulis, besok saya menulis...lusa saya menulis dan terus menulis.    

Penulis: Umi Kulsum (SMK Negeri 5 Kota Malang)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment