Tuntutan Belajar, Bentuk Pribadi Taqwa

By Redaksi 28 Agu 2017, 13:45:04 WIB Suara Guru
Tuntutan Belajar, Bentuk Pribadi Taqwa

Keterangan Gambar : Ilustrasi (Sumber Google)


WPdotCOM -- Pendidikan Agama Islam merupakan bagian yang tak terpisahkan dari sistim Pendidikan di Indonesia.

Setiap peserta didik pada setiap satuan pendidikan, berhak mendapatkan pendidikan agama sesuai dengan agama yang dianutnya dan diajarkan oleh pendidik yang seagama.

Islam dengan tegas telah mewajibkan agar umatnya melakukan pendidikan. Hal itu tertuang dalam Firman Allah pada Surah Al-Alaq ayat 3-5, yang artinya: ”Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah, Yang mengajar (manusia) dengan perantaraan kalam. Dia mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahuinya”.

Ayat tersebut menunjukkan jika manusia tanpa melalui belajar, tidak akan dapat mengetahui segala sesuatu yang ia butuhkan bagi kelangsungan hidupnya, baik di dunia maupun di akhirat.

Pengetahuan manusia akan berkembang jika diperoleh melalui proses belajar mengajar. Kegiatan tersebut diawali dengan kemampuan menulis dengan pena, dan membaca dalam arti luas. Yaitu tidak hanya membaca tulisan, melainkan juga membaca segala yang tersirat di dalam ciptaan allah. Dengan demikian pendidikan agama Islam sangat penting karena bertujuan untuk membentuk manusia agamis dengan menanamkan akidah keimanan, amaliyah dan budi pekerti atau akhlak yang terpuji, untuk menjadi manusia yang bertaqwa kepada Allah SWT.

Sasaran pendidikan agama Islam, tertuju pada pembentukan sikap akhlak atau mental anak didik dalam hubungan dengan Tuhan, masyarakat dan alam atau sesama makhluk. Penanaman nilai agama kepada anak didik ini, merupakan syarat mutlak untuk mencapai nilai keharmonisan dalam menjalani kehidupan dunia dan akhirat. Nilai tersebut dapat di jadikan pondasi agar mereka tidak keluar dari ajaran agama.

Penulis: Mukaromah (Guru Agama Islam SDN Bandungrejosari 2 Kota Malang)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment