Tutor Sebaya? Oke Lho!

By Redaksi 28 Okt 2017, 14:23:29 WIB Artikel Ilmiah
Tutor Sebaya? Oke Lho!

Keterangan Gambar : Ilustrasi (DOk. Google)


WPdotCOM -- Sebagai manusia, kita selalu memerlukan pendidikan seumur hidup. Bahkan,  tidak ada kata terlambat untuk senantiasa belajar.

Belajar adalah bagian nyata dari pendidikan itu sendiri. Begitu pentingnya pendidikan bagi kita, karena pendidikan merupakan dasar bagi melangsungkan kehidupan ini. Pendidikan akan membuat hidup lebih baik lagi, lebih layak, lebih manusiawi dan lebih setara dalam meraih berbagai kesempatan di dalam kehidupan.

Pendidikan pun memungkinkan seseorang untuk menggali semua potensi yang dimiliki dalam diri seseorang. Dan dengan pendidikan memungkinkan untuk mengembangkan potensinya secara maksimal.

Jadi apakah itu pendidikan? Secara sederhana pendidikan diartikan sebagai proses saling belajar dan proses  tukar-menukar informasi untuk mencapai tujuan hidup yang lebih baik. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata pendidikan berasal dari kata “didik”  yang mendapatkan imbuhan “pe” dan akhiran “an”. Artinya adalah cara, proses, atau perbuatan mendidik.  Secara bahasa, pendidikan berasal dari kata “paedagogi” yaitu “paid” yang berarti anak dan “agogos” yang berarti membimbing. Jadi paedagogi adalah ilmu dalam membimbing anak.

Secara istilah, definisi pendidikan adalah suatu proses pengubahan sikap dan perilaku seseorang atau kelompok, dalam usaha mendewasakan manusia atau peserta didik melalui upaya pengajaran dan pelatihan.

Sedangkan pengertian-pengertian pendidikan menurut para ahli di bidangnya, seperti yang disampaikan Prof.H. Mahmud Yunus, Pendidikan adalah suatu usaha yang dengan sengaja dipilih untuk mempengaruhi dan membantu anak, yang bertujuan untuk meningkatkan ilmu pengetahuan, jasmani dan akhlak, sehingga secara perlahan bisa mengantarkan  anak kepada tujuan dan cita-cita. Semua hal ini akan membantu anak di masa depan, agar mendapatkan kehidupan yang bahagia, dan apa yang dilakukannya dapat bermanfaat bagi dirinya sendiri, terlebih bagi masyarakat, bangsa, negara dan agamanya.

Sementara menurut Prof. Dr.John Dewey, pendidikan merupakan suatu proses pengalaman. Ibaratnya seperti pertumbuhan, kehidupan inipun adalah sebuah pertumbuhan yang berarti pendidikan dapat memberikan kontribusi terbesar dalam meningkatkan pertumbuhan batin manusia tanpa dibatasi oleh usia. Proses pertumbuhan adalah proses penyesuaian pada setiap fase dan meningkatkan kecakapan dalam perkembangan seseorang lewat pendidikan.

Proses mendidik dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah melalui metode tutor. Melalui pedampingan tutor sebaya, dapat disimpulkan bahwa upaya memaksimalkan kemampuan  anak-anak yang cerdas di dalam mendampingi teman-temannya belajar di dalam ataupun di luar kelas, ternyata mencapai hasil yang signifikan. Mereka semakin bersemangat untuk terlibat dalam semua proses pembelajaran, dan prestasi belajar mereka selalu prima.

Sebagai pendidik, tentu setiap hari akan bersinggungan dengan murid-murid. Baik pada saat pembelajaran di dalam kelas, ataupun di luar kelas. Mereka adalah sumber adanya proses pendidikan yang berkelanjutan dan berkesinambungan.

 

Penulis: Lilin Widi Rahayu Setjo, S.S (Guru SD Negeri Gadang 2 Kota Malang)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment