Usia Pendidikan Dasar, Masa Awal Mengenal Dunia Luar

By Redaksi 17 Okt 2017, 19:38:04 WIB Opini
Usia Pendidikan Dasar, Masa Awal Mengenal Dunia Luar

Keterangan Gambar : Ilustrasi


WPdotCOM -- Dunia peserta didik di tingkat sekolah dasar, adalah dunia bermain dan belajar. Perkembangan  anak usia 6 – 12 tahun sudah mulai bisa berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya. Mereka mulai tumbuh dan berkembang secara fisik dan kejiwaan.

Pada perkembangan fisiknya, mereka akan terlihat  tumbuh lebih besar postur tubuhnya, dan mulai suka bersolek meniru temannya bagi yang perempuan. Begitu pula akan terjadi perubahan mental bagi siswa peserta didik laki-laki.

Dalam kejiwaan siswa SD, mereka juga sudah mulai bisa menerima instruksi dari guru, baik berupa tugas maupun PR yang mudah dan menarik untuk dikerjakan.

Sebagai guru sekolah dasar, tentunya harus bisa memahami perkembangan anak-anak di usia transisi ini, dan mengajarinya dengan baik. Karena dari kondisi yang selama ini hanya berasal dari lingkungan keluarga saja, sekarang beralih ke dunia baru yang sangat menarik perhatiannya untuk berkelompok.

Dunia mereka ketika menjadi siswa sekolah dasar, bukan lagi  dunia yang dipengaruhi kedua orangtuanya saja, tetapi ada profil lain yaitu sosok guru yang bisa menjadi panutan mereka. Tak heran jika setelah memasuki masa SD, anak cenderung lebih patuh kepada gurunya dibandingkan pada kedua orangtuanya. Mereka telah menemukan dunia baru.

Hal semacam inilah yang seharusnya bisa dimanfaatkan oleh guru SD untuk bisa mendidik anak-anak dengan baik dan benar. Mereka aka  patuh jika diberi instruksi, misalnya bangun tidur langsung gosok gigi, sebelum tidur harus membaca doa terlebih dahulu, membantu sedikit pekerjaan mama di dapur , mengerjakan PR sendiri, dan cuci kaki dan tangan sebelum tidur.

Masih banyak hal lain yang menarik yang bisa diajarkan pada anak SD pada perkembangannya di usia ini. Mereka patuh karena mengalami fase berbeda yang menurut mereka menarik.

Dari sisi agama, mereka juga akan lebih mudah diajari. Fase membaca, berhitung, dan menghafal ada pada mereka. Memberi tugas menghafal ayat-ayat pendek Al-Quran akan mudah diingatnya. Aturan- aturan jender mulai bisa pula dikenalkan sejak dini, agar mereka mengerti mana yang boleh dilakukan pada teman pria atau wanitanya.

Jadi, perkembangan usia anak SD sangat menarik untuk dipelajari, karena harus bisa mengombinasikan antara bermain dan belajar. Memberikan games dan permainan otak sangat menantang bagi mereka. Inilah seharusnya yang dilakukan guru SD agar di masa ini, anak anak menemukan dunia baru yang luar biasa hebat.  Semangat Mengajar!

Penulis: Mei Budi Utami, S.Pd. (Guru SD Negeri Kasin Kota Malang)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment