Workshop Kepenulisan Ilmiah Guru Angkatan Pertama Kota Malang Sukses di Hari Pertama

By Redaksi 19 Agu 2017, 17:57:34 WIB Sekolah Indonesia Menulis
Workshop Kepenulisan Ilmiah Guru Angkatan Pertama Kota Malang Sukses di Hari Pertama

Keterangan Gambar : Peserta Workshop Kepenulisan Ilmiah Guru Kota Malang (Dok. Redaksi)


Kota Malang, WPdotCOM – Workshop kepenulisan yang digelar P3SDM Melati di Kota Malang hari ini sukses digelar.  18 orang guru hadir di workshop angkatan pertama tersebut.

Sejak pagi pukul 08.00 WIB, bertempat di SD Negeri Tunjungsekar 3 Malang Kota, roadshow kepenulisan yang khusus diperuntukkan bagi para pendidikan itu dengan semasngat tinggi diikuti oleh peserta.

“Ini adalah kegiatan roadshow pertama kita di Kota Malang. Ada 9 jadwal yang telah kita susun untuk roadshow di kota ini,” demikian disampaikan Santy Fidrianna, salah seorang pimpinan Pusat Pengkajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (P3SDM) Melati, Sabtu (19/8).

Lebih jauh Santy yang juga guru di salah satu sekolah SMK di kota itu menjelaskan, pada kegiatan roadshow kepenulisan dalam rangka pengembangan budaya literasi di kalangan pendidik tersebut, adalah program yang telah dijalankan sejak awal paruh kedua tahun ini.

“Sejak paruh kedua tahun 2017, kita memang lakukan roadshow kepenulisan ini. Tujuan utamanya adalah untuk ikut mengembangkan budaya literasi di kalangan pendidik yang ada di daerah-daerah,” terangnya.

Pada workshop kali ini, lanjut Santy, pihaknya sengaja mendatangkan pimpinan P3SDM Melati sebagai narasumber utama. Dan tidak lupa mengajak para tokoh pendidikan setempat yang dinilai memiliki potensi keteladanan di bidang literasi.

“Kita menghadirkan dua orang narasumber setempat. Ada Dr. Bettin Juniaria, M.Pd dan Pipit Pudji Astutik, M.Pd, M.M yang mengampu materi terkait pentingnya kegiatan kepenulisan di kalangan guru serta materi terkait menghindari plagiasi,” imbuhnya.

Kegiatan workshop yang berlangsung selama dua hari hingga Minggu 20 Agustus itu, nantinya akan dilanjutkan dengan bimbingan kepenulisan hingga masing-masing peserta menyeleaikan maskah karya tulisnya.

“Di hari kedua, kita akan fokus membimbing peserta menemukan topik karya tulisnya masing-masing. Dan selama sebulan ke depan, bimbingan akan dilakukan hingga naskah peserta selesai dan siap untuk dipublikasikan,” tutup Santy.

Sementara itu, di awal kegiatan yang diikuti oleh guru-guru dari berbagai satuan pendidikan tersebut, Dr. Bettin Juniaria, M.Pd menjelaskan pentingnya kegiatan pengembangan literasi di kalangan guru saat ini.

“Kehadiran P3SDM Melati di Kota Malang untuk membimbing guru-guru dalam bidang penulisan karya tulis ini adalah sangat penting diikuti oleh para pendidik,” demikian ujar Dr. Bettin saat memaparkan materinya di hadapan peserta. (red./ni)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment