Workshop Menulis, Buka Wawasan Baru

By Redaksi 07 Okt 2017, 15:43:16 WIB Sekolah Indonesia Menulis
Workshop Menulis, Buka Wawasan Baru

Keterangan Gambar : Ilustrasi (Sumber Google)


WPdotCOM -- Kegiatan akhir pekanku sungguh luar biasa. Dari rumah pukul delapan lebih sepuluh menit, saya menuju tempat workshop menulis.

Tak ada gambaran sedikitpun tentang kegiatan tersebut. Yang ada, hanyalah beberapa pertanyaan yang belum terjawab. Pertanyaan dalam benak muncul mulai tentang apa yang harus saya tuliskan. Apa saya bisa menulis artikel, dari mana ide penulisan saya nanti. Sampai, apakah saya juga bisa menghasilkan sebuah karya tulis yang baik. Sungguh di luar pemikiran saya.

Materi workshop pertama adalah tentang teknik penulisan. Kebetulan saya juga sudah mengenal pematerinya, dilanjutkan narasumber ke-2 tentang kenaikan pangkat dan penghitungan angka kredit. Dan materi terakhir pada hari pertama adalah tentang teknik penulisan artikel oleh Nova Indra, yang berasal dari Sumatera, namun mampu membawa suasana workshop santai tapi serius. Menyenangkan sekali semua narasumber memberi materi,  dengan jelas diselingi  canda tawa yang ramah, serta komunikasi yang enak dengan peserta workshop. Suasana workshop ini membuat kita nyaman dalam menerima paparan yang disampaikan.

Keikutsertaan saya dalam workshop menulis ini, berawal dari teman saya. Saya termotivasi dengan mereka yang sudah pernah mengikuti workshop tersebut. Ilmu saya bertambah, kreatifitas saya didukung, dan pengalaman yang luar biasa juga saya dapatkan.

Secara teori, jika kita baca ataupun bila kita dengar, menulis sungguh sulit, namun ternyata semua akan mudah bila kita telah mengalami dan melakukannya sendiri. Menulis tidak membutuhkan keahlian khusus, namun yang paling utama adalah adanya kemauan dari diri kita untuk mulai menulis, atau menuangkan apa yang ada di pikiran kita dalam bentuk tulisan.

Satu hal yang penting kita ingat dalam workshop ini, keikutsertaan kita bukan karena kenaikan pangkat sebagai ASN, bukan karena prestasi agar lebih prestis, atau karena ingin mendapat pujian. Lebih dari itu keikutsertaan dalam workshop, adalah untuk menambah ilmu, karena bisa saling sharing atau sekedar bertukar pendapat.

Semoga apa yang kita peroleh pada kegiatan ini, membawa manfaat dan barokah bagi kehidupan kita dan bagi orang lain tentunya. Salam literasi untuk pendidik di seluruh Indonesia.

Penulis: Meiarini Priastuti (Guru SD Negeri Kauman 3 Kota Malang)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment