Pentingnya Administrasi Pendidikan

Shopee Indonesia
Shopee Indonesia

WPdotCOM — Tujuan pendidikan bisa tercapai, didukung administrasi pendidikan. Administrasi pendidikan menyangkut semua materi, personil guru, perencanaan, kerjasama, kepemimpinan, kurikulum, dan kesiswaan serta lainnya.

Semua itu memungkinkan untuk dikelola secara baik, sehingga terlaksana proses belajar mengajar dalam rangka mencapai tujuan pendidikan. Tanpa administrasi pendidikan yang baik dan kepemimpinan yang tegas, mustahil akan tercapai tujuan yang diinginkan.

Administrasi pendidikan adalah semua kegiatan pendokumentasian atau pencatatan kegiatan sekolah agar tersusun rapi dan mudah untuk dibaca. Hal ini memudahkan untuk keperluan evaluasi dan monitoring suatu kegiatan. Juga memudahkan untuk pelaporan kegiatan tertentu.

Shopee Indonesia

Misalnya dalam administasi kurikulum, kegiatan pencatatan absen kelas, pembagian jam mengajar guru, penilaian raport sangat penting dilakukan. Kemudian di bagian kesiswaan, seperti pencatatan keterlambatan siswa, prestasi siswa, pelanggaran disiplin, diperlukan untuk mengevaluasi proses perkembangan pribadi siswa.

Pada bidang sarana-prasarana seperti pengadaan barang, pembelian alat kebersihan kelas, pengecatan dinding sekolah memerlukan perencaaan yang baik, agar dana tersedia sesuai anggaran. Serta dalam bidang peningkatan kompetensi guru, perlu adanya program supervisi guru dan pelatihan agar keahlian guru semakin hari semakin meningkat.

Untuk melaksanakan program itu semua diperlukan komunikasi yang jelas dan koordinasi yang baik, serta dilakukan secara terus menerus dengan teratur. Oleh karena itu setiap akhir tahun dibutuhkan adanya evaluasi berdasarkan administrasi  untuk menilai perencanaan yang telah dilaksanakan agar bisa diperbaiki untuk ke depannya.

Semua kegiatan administrasi pendidikan akan berjalan lancar jika pelaksanaannya melalui proses yang mengikuti garis fungsinya.

Penulis: Sri Astutik, S.Pd. (Guru SD Negeri Kasin Kota Malang)

Blibli.com
Shopee Indonesia

Tinggalkan Balasan