Menuai Pengetahuan Menulis KTI di Hotel Bukik Gadang

WPdotCOM – Semua berawal dari penulis mencari informasi dan pembimbing PTK ke Dinas Pendididikan dan Kebudayaan Kabupaten Sijunjung.

PTK sangat berfungsi bagi guru untuk angka kredit yang akan digunakan sebagai bahan kenaikan pangkat. Hal itu sesuai dengan Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi  Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kredit. Serta dalam Peraturan  dan Nomor 03/V/PB/2010 tentang Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Angka Kredit.

Di sana bertemu dengan Kepala Seksi Pendidikan dan Kurikulum Bidang SD, M.Syukur. Dari beberapa diskusi dengan yang bersangkutan, penulis direkomendasikan untuk menghubungi salah seorang kepala sekolah di salah satu lingkungan pendidikan dasar kabupaten Sijunjung yaitu Rosmalinda, M.Pd. Rosmalinda adalah seorang kepala sekolah di SD NEGRI 22 Muaro, Rosmalinda juga seorang penulis yang sudah menerbitkan sebuah buku Penelitian Tindakan Kelas.

Sesampai di rumah, penulis langsung menghubungi yang bersangkutan setelah sebelumnya mendapatkan nomor ponsel dari salah seorang teman, yang juga guru olahraga di sekolah yang dipimpin Rosmalinda. Dengan kemuran hati ia mau membimbing penulis.

Dari sinilah jalan penulis menuju Workshop Penulisan Karya Tulis Ilmiah Guru Sekolah Dasar.  Beberapa waktu setelah itu, Rosmalinda menghubungi saya kembali dan menyarankan untuk ikut kegiatan tersebut. Surat undangan kegiatan ini di kirim ke penulis dan  langsung menghubungi pengawas Kecamatan Sijunjung untuk mendaftar. Karena memang melalui pengawaslah data orang yang ikut di berikan.

Berbekal semangat dan keinginan penulis untuk megikuti kegiatan, pengawas merekomendasikan untuk ikut kegiatan tersebut. Tenyata, bukan penulis saja yang direkomendasikan, Delvi yang juga satu sekolah tempat mengajar dengan penulis juga ikut di rekomendasikan oleh pengawas. Dalam arti kata dari SD NEGRI 11 Silokek  direkomendasikan 2 orang guru untuk ikut kegiatan itu. Kebahagiaan  kami lengkap karena pada hari Sabtu, dua hari sebelum kegiatan dimulai juga keluar hasil Akreditasi Sekolah dengan nilai ”A”.

Hari minggu malam penulis pun pergi ke sekolah, untuk memberikan informasi kepada teman sesama mengajar bahwa kami akan mengikuti kegiatan whorshop selama  dua hari. Sekaligus menyampaikan pesan kepala sekolah, karena sekolah tempat kami mengajar tidak dijangkau oleh sinyal GSM dan internet, sehingga apapun informasi harus diantarkan ke sekolah tersebut.

Senin, 22 oktober 2018 dengan penuh semangat kami berangkat  dari rumah menuju Hotel Bukik Gadang   tempat workshop dilaksanakan. Lokasinya  tidak seberapa jauh dari rumah tempat penulis tinggal. Sesampai di sana,  penulis langsung mendaftar kepada panitia dan bertemu dengan teman-teman lain yang juga mengikuti kegiatan workshop itu.

Tepat jam delapan pagi acara di buka, karna kepala dinasnya belum bisa datang maka pemateri langsung saja memperkenalkan diri dan memulai dengan materi yang pertama. Di luar dugaan, ternyata pemateri  yang semula di perkenalkan dari Malang, daerah asalnya adalah Padang panjang. Pemateri yang semulantya kelihatan kaku ternyata mengasikan dan kocak, sehingga materi yang  saya  anggap sangat menakutkan menjadi lebih enak. Pada jam setengah sepuluh kepala dinas datang dan langsung membuka acara tersebut dengan resmi.

 

Daftar Pustaka

Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi  Nomor 16 Tahun 2009 tentang jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.

Peraturan Bersama Menteri Pendidikan Nasonal dan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 14 Tahun 2010 dan Nomor 03/V/PB/2010 tentang Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Angka Kreditnya.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 35 Tahun 2010 tentang petunjuk Teknis Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka kreditnya.

Penulis: Andi Furnandi,S.Pd (Guru PJOK SDN 11 Silokek)

Tinggalkan Balasan