oleh

Full Day School, Perlu Mendapat Perhatian Lebih dari Berbagai Pihak

WPdotCOM — Perkembangan zaman mengalami perubahan yang sangat pesat. Mulai dari teknologi, ekonomi, bahkan di bidang pendidikan.

Perkembangan dalam dunia pendidikan, dilakukan untuk kemajuan bangsa. Di antara banyaknya perbaikan itu, adalah penyempurnaan kurikulum pendidikan dan program-program lainnya.

Saat ini yang mulai banyak diterapkan di sekolah-sekolah, adalah program kegiatan pembelajaran full day. Full day yang dimaksud di sini yaitu, siswa belajar di sekolah selama 5 hari dalam satu minggu.

Kegiatan seperti ini merupakan program dalam dunia pendidikan dengan tujuan ke arah yang lebih baik. Namun, setiap kebijakan atau program apapun, pasti ada kelebihan dan kekurangannya. Program kegiatan full day ini memiliki dampak yang dapat dirasakan oleh guru ataupun siswa. Beberapa hal yang dirasakan oleh guru terkait program full day ini, seperti kegiatan pembelajaran yang dipadatkan, kegiatan belajar siswa yang biasanya 6 hari menjadi 5 hari.

Waktu semakin padat, karena guru mulai mengajar dari pagi hari hingga sore hari. Guru memiliki waktu libur lebih banyak, karena yang biasanya libur hanya di hari minggu. Sekarang guru memiliki waktu libur hari Sabtu dan Minggu. Selain itu, yang menjadi kesulitan dari kegiatan full day,  guru harus lebih proaktif dalam memanajemen pembelajaran di kelas, karena berhadapan dengan siswa yang mengantuk.

Selain dialami guru, kesulitan-kesulitan lainnya juga dirasakan oleh siswa. Misalnya, siswa ketika di jam-jam terakhir biasanya akan kecapean. Karena kondisi fisik yang harus terus on untuk menerima pembelajaran, juga karena kondisi psikologis siswa sudah mulai jenuh menerima materi pembelajaran dari pagi hingga sore.

Selain di bidang akademik, kegiatan nonakademik siswa pun menjadi lingkup pengaruh dari kegiatan full day ini. Kegiatan seperti ekstrakulikuler yang memang penting untuk siswa menggali bakatnya menjadi berkurang.

Baca Juga:  SMA Double Track; Membangun Asa Menggapai Cita-cita

Mencermati semuanya itu, persoalan Full Day School cukup penting untuk diperhatikan. Guru harus siap mengahadapi perubahan-perubahan, seperti semakin kreatif dalam memanajemen kelas. Siswa-siswa yang mengantuk di kelas, siswa yang mulai malas untuk mendengarkan penjelasan guru. Maka tugas guru  untuk membuat siswa semakin tertarik untuk belajar.

Peristiwa-peristiwa ini tentu penting sekali untuk dijadikan bahan pertimbangan oleh pemerintah dalam memperbaiki pendidikan nasional. Majunya bangsa ini sangat dipengaruhi oleh generasi-generasi penerus. Ini menjadi PR besar bagi semua elemen, tidak hanya pemerintah, tetapi segenap masyarakat karena pendidikan ini penting.

Penulis: Muhammad Roziqi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *