Pembentukan Karakter Peserta Didik Jenjang Sekolah Dasar

ARTIKEL ILMIAH119 Dilihat
Shopee Indonesia
Shopee Indonesia

WARTA PENDIDIKAN – Pendidikan adalah salah satu cara membentuk manusia menjadi memiliki ilmu pengetahuan, keterampilan, dan keahlian. Menurut Undang-undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional disebutkan pada Pasal 1 Ayat 1, pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.

Hal senada juga disebutkan Dewantara (2009), pendidikan merupakan tuntutan dalam hidup. Artinya, pendidikan merupakan proses menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada peserta didik, agar tercapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya, baik sebagai manusia maupun anggota masyarakat.

Shopee Indonesia

Sedangkan terkait dengan sistem pendidikan nasional, pada ayat 3 Undang-undang tersebut dijelaskan pula sebagai keseluruhan komponen pendidikan yang saling terkait secara terpadu untuk mencapai tujuan pendidikan nasional. Hal itu menjelaskan bahwa pendidikan dilakukan secara terpadu dari seluruh komponen yang ada pada ayat sebelumnya di undang-undang itu. Semua komponen pengembangan yang dituju dalam pendidikan nasional, dapat dirangkum dalam satu kata saja, pembentukan karakter.

Shopee Indonesia

Pembentukan karakter peserta didik, menjadi tugas utama seorang guru dalam menjalankan tugasnya sebagai fasilitator dan pengajar di kelas. Guru dnegan segala kemampuan dan keterampilannya, harus mentransformasi ilmu pengetahuan, keterampilan, dan keahlian kepada peserta didik agar terbentuk karakter pelajar yang sesuai dengan keinginan bangsa dan negara.

Menurut Suyanto (dalam Subekti dan Sumarlan, 2017), karakter adalah cara berpikir dan berperilaku yang menjadi ciri khas tiap individu untuk hidup dan bekerja sama, baik dalam lingkup keluarga, masyarakat, bangsa, maupun negara.

Blibli.com
Shopee Indonesia
Blibli.com