Pendekar Utama Syafrul Malik, Sosok Sarat Prestasi dan ‘Gila’ Silat Sejak Belia

Shopee Indonesia
Shopee Indonesia

WPdotCOM – Penyandang sabuk hitam dengan tanda ketingkatan bunga Melati Merah bergelar Pendekar Utama Tapak Suci Putera Muhammadiyah ini, bernama lengkap Syafrul Malik.

Ia dikenali sebagai sosok yang ‘gila’ silat sejak muda. Lahir di Jakarta pada tanggal 8 Maret 1970 silam, ia tumbuh sebagai seorang tokoh silat yang teruji di berbagai gelanggang.

Alumni SMA Negeri 83 Jakarta yang kini menjadi Ketua Dewan Pelatih Pimpinan Daerah (Pimda) 50 TSPM Jakarta Utara ini, memulai pelajaran silatnya di Tapak Suci saat masuk sebagai siswa tahun 1980. Ketika itu ia masih sangat belia, baru berusia 10 tahun.

Shopee Indonesia

Dua tahun setelahnya (1982), Syafrul muda telah berhasil meraih juara 2 pada Kejuaraan Daerah IPSI Pra Remaja di daerahnya. Setahun kemudian, ia berhasil memperbaiki prestasinya dengan raihan Juara 1 Kejurda IPSI Remaja. Dan di saat itu, Syafrul dinobatkan sebagai Pesilat Putra Terbaik.

Berbagai kegiatan di TSPM yang digeluti Pendekar Utama Syafrul Malik. Foto bersama para Pendekar Besar TSPM, Pencipta Jurus, Dewan Guru TSPM, Pendekar Kehormatan, dll. (Foto: Dok Pribadi/Kolase by NI)

Tak berhenti sampai di sana, pada tahun 1985, dalam Kejurda TSPM DKI Jakarta, ia pun menggondol juara 1 plus sebagai Pesilat Putra Terbaik. Masih di tahun yang sama, dalam ajang Kejuaraan Nasional Tapak Suci di Sukabumi Jawa Barat, Syafrul remaja meraih peringkat 3.

Sederet prestasi lain yang ia torehkan dalam masa mudanya antara lain, Juara 3 Kejurnas TSPM di Ujung Pandang (Makassar) pada tahun 1992. Ia juga meraih Juara 1 Festival Beladiri di Jakarta Utara saat itu yang dilanjutkan dengan meraih Juara 1 Festival Beladiri tingkat provinsi di DKI Jakarta. Di masa itu pun, ketika masih menjadi mahasiswa di Fakultas Hukum Universitas Islam Jakarta, Syafrul berhasil menunjukkan prestasinya pada Kejuaraan Pencak Silat Mahasiswa Universitas Pancasila dengan meraih Juara 2. Dan di tahun 1993, pada Kejurda IPSI Jawa Barat, Juara 3 berhasil ia dapatkan.

Blibli.com
Shopee Indonesia