Merdeka Belajar, Inspirasi Kolaborasi Global Pemulihan Pendidikan

Berita Nasional37 Dilihat
Shopee Indonesia
Shopee Indonesia

WPdotCOM, Jakarta Dalam Upacara Bendera Peringatan Hari Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim mengungkapkan bahwa Presidensi G20 Indonesia terus mendorong kolaborasi global dalam pemulihan pendidikan pascapandemi Covid-19.

Melalui Education Working Group (EdWG), Indonesia telah memberikan contoh kepada dunia tentang beragam program Kampus Merdeka yang melatih dan membekali generasi muda untuk memasuki dunia kerja sejak di bangku kuliah dengan hak belajar di luar kampus.

Shopee Indonesia

Ditemui usai upacara bendera, Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi (Dirjen Diksi) Kemendikbudristek, Kiki Yuliati, menuturkan refleksinya di hari kemerdekaan tentang kekuatan vokasi.

Shopee Indonesia

“Pendidikan vokasi terbukti mampu mengatasi tantangan selama dua tahun ini dengan hasil-hasil karya luar biasa. Anak-anak vokasi tidak perlu ragu lagi dengan kemampuannya. Dengan dukungan sistem, pendidikan vokasi harus bisa berkontribusi sangat banyak bagi bangsa,” harap Dirjen Kiki.

Dirjen Kiki melanjutkan, pendidikan vokasi memiliki tiga nilai yang harus selalu melekat. Pertama, nilai pendidikan, di mana pendidikan vokasi harus memenuhi amanat Undang-undang Dasar 1945 dan memenuhi tujuan pendidikan. Nilai kedua, adalah nilai ekonomi.

“Pendidikan vokasi harus menjadikan lulusannya bermanfaat bagi diri sendiri, bangsa, dan negara,” jelas Dirjen Kiki.

Nilai ketiga, lanjut Dirjen Kiki, adalah nilai sosial. “Pendidikan vokasi harus memberi manfaat dari siswa bagi keluarga dan masyarakat. Kita juga ingin pendidikan vokasi terjangkau bagi seluruh masyarakat yang membutuhkannya,” ucapnya.

Peserta didik asal Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Perguruan Cikini, Theodosius Naldo Priandana, mengaku bangga memperoleh kesempatan bermain dalam orkestra sekolahnya yang mengiringi upacara di Kemendikbudristek hari ini. “Saya bangga hari ini bisa ada di sini,” ucap siswa kelas XI jurusan musik yang piawai memainkan biola.

Sebagai peserta didik vokasi jurusan musik, ia bersyukur pembelajaran sudah kembali ke sekolah. “Dulu, di era pandemi kita belajar dari rumah dan harus menatap laptop terus-menerus. Sekarang, karena sudah bisa belajar di sekolah lagi, saya lebih fokus. Belajar juga lebih seru karena bertemu teman-teman,” ucap Naldo yang berharap dapat meneruskan pendidikannya di Jurusan Musik Institut Seni Indoensia (ISI) Yogyakarta.

Blibli.com
Shopee Indonesia