SEAQIL Imbau Guru Tingkatkan 6C bagi Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Teknologi

Berita Nasional98 Dilihat
Shopee Indonesia
Shopee Indonesia

Jakarta – SEAMEO QITEP in Language (SEAQIL) menyelenggarakan webinar “Developing Students’ 6Cs Through Technology-Assisted Foreign Language Learning” pada Senin (10/4) lalu secara daring melalui platform Zoom dan kanal YouTube SEAQIL.

Webinar tersebut merupakan bagian dari program beasiswa Pelatihan Peningkatan Kompetensi Bahasa dari SEAQIL untuk guru bahasa dan tenaga kependidikan di Asia Tenggara. Sebanyak 606 peserta yang berasal dari sembilan negara di Asia Tenggara (Brunei Darussalam, Filipina, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Thailand, Timor-Leste, dan Vietnam) yang mengikuti webinar diajak untuk mengembangkan 6C melalui pembelajaran berbasis teknologi. Adapun 6C yang dimaksud adalah critical thinking, communication, collaboration, creativity, character dan citizenship.

Shopee Indonesia

Direktur Guru Pendidikan Dasar Rachmadi Widdiharto, menyampaikan bahwa webinar ini selaras dengan upaya peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia dengan memilih guru-guru berprestasi untuk menjadi Guru Penggerak.

Shopee Indonesia

Rachmadi menekankan pentingnya para guru bahasa asing menggunakan teknologi dalam mendukung pembelajaran yang mendorong pengembangan kompetensi 6C siswa.

Menurutnya, siswa dapat mengembangkan kompetensi 6C secara efektif melalui pembelajaran bahasa asing karena di kelas tersebut ada interaksi dengan beragam budaya dan perspektif, berkomunikasi secara mahir dengan individu dari latar belakang yang tepat, serta menumbuhkan empati dan pandangan global.

“Teknologi memberikan cara-cara inovatif dan lokal untuk mendukung pembelajaran bahasa untuk meningkatkan peluang siswa dan mempersiapkan mereka untuk sukses di abad ke-21,” tegasnya.

Sejalan dengan Rachmadi, Pelaksana tugas (Plt.) Direktur SEAQIL, R. Dian Dia-an Muniroh, menyampaikan bahwa 6C mengacu pada seperangkat kompetensi global yang dianggap penting untuk dimiliki oleh setiap individu agar dapat berhasil dalam masyarakat global, yang meliputi komunikasi, kolaborasi, berpikir kritis, kreativitas, karakter, dan kewarganegaraan.

Dian menjelaskan bahwa dengan kemajuan dan perkembangan zaman yang semakin pesat, guru dan siswa dituntut untuk menyesuaikan diri dengan teknologi. “Akibat kemajuan teknologi, dengan mudahnya pendidik menciptakan pengalaman belajar yang menarik dan dinamis,” jelasnya.

Terkait dengan pembelajaran bahasa asing, Dian menjelaskan bahwa teknologi dapat memberikan platform yang kuat untuk mengembangkan keberhasilan siswa, membantu mereka untuk berhasil dalam dunia yang semakin terhubung dan cepat berubah.

Dian menyimpulkan bahwa teknologi dapat menciptakan pengalaman belajar secara interaktif untuk mengembangkan keterampilan dengan membangun kemahiran bahasa siswa. Pada kesempatan ini pula Dian mengajak para guru untuk mengintegrasikan teknologi ke dalam pembelajaran bahasa asing agar menciptakan pengalaman belajar siswa yang menarik dan dinamis yang mendorong pengembangan keterampilan dan kompetensi penting.

SEAQIL berharap melalui webinar ini, masyarakat semakin memahami pentingnya pembelajaran bahasa asing berbasis teknologi karena pembelajaran bahasa dengan bantuan teknologi dapat menjadi alat yang ampuh untuk mengembangkan 6C siswa.  (kemdikbud)

Blibli.com
Shopee Indonesia
Blibli.com