Guru adalah Sahabat Siswa, Mari Menjadi yang Terbaik untuk Generasi

WARTA PENDIDIKAN – Peran guru di sekolah bukan hanya sebagai pendidik. Guru haruslah bisa menjadi teman, sahabat, bahkan orangtua bagi siswa di sekolah.

Guru sangat berperan penting dalam perkembangan tingkah laku dan ilmu pengetahuan siswa di lingkungan sekolah. Jadi, guru harus pandai menempatkan dan memosisikan diri sebagai pendidik yang selalu dinanti kedatangannya di kelas.

Seiring itu, sekolah haruslah menjadi tempat yang nyaman bagi siswa. Artinya, sekolah bukan lagi tempat yang menakutkan bagi siswa. Sekolah bukan lagi sekadar tempat persinggahan bagi siswa. Hendaknya, sekolah menjadi rumah kedua bagi siswa. Rumah yang menyenangkan, dirindukan oleh setiap siswa karena nyaman dan menaungi.

Untuk menciptakan sekolah yang nyaman bagi siswa, diperlukan guru yang profesional. Sedangkan yang dimaksud guru profesional, adalah di mana guru bisa dengan tenang memberikan pembelajaran, mentransformaskan pengetahuan kepada siswa dengan kualitas yang memadai. Perasaan yang tenang guru ini, hadir untuk siswa-siswanya, yang dengan riang gembira menerima pembelajaran yang diberikan oleh para guru.

Ketika sekolah sudah menjadi tempat yang nyaman bagi siswa, dan guru sudah menjadi sahabat bagi siswa, maka mereka akan mempercayai guru untuk tempat bercerita, bahkan berbagi keluh kesahnya tentang masalah-masalah yang dihadapi.  Bukan ssaja persoalan pembelajaran, tapi juga masalah yang dihadapi siswa di rumah dan kesehariannya.

Tidak bisa dipungkiri, banyak anak yang lari dari keadaannya karena mereka tidak bisa mendapatkan kenyamanan di rumah, bahkan di sekolah. Sehingga mereka akan melampiaskan pada hal-hal yang berbahaya, bahkan menyebabkan kerugian pada diri mereka sendiri.

Sebagai guru, haruslah menjadi garda terdepan menyelamatkan siswa-siswi agar menjadi generasi yang cerdas dan berakhlak mulia. Apapun keadaannya, siswa adalah bagian penting yag dijadikan target perubahan pendidikan. Mereka sebagai siswa, kini adalah generasi yang suatu ketika nanti menjadi harapan bangsa.

Untuk itu, marilah bersahabat dengan siswa. Jadikanlah sekolah sebagai rumah kedua bagi siswa dan jadilah teman bagi mereka. (*)

Penulis: Melisa Putri Yanti, S.Si. (Guru Kelas MIUT Padang Panjang)