Bukan Zona Hijau, Diprediksi Sekolah di Sumbar Akan Dibuka Kembali Awal Tahun 2021

WPdotCOM, Padang — Sesuai dengan keputusan pemerintah pusat, sejumlah daerah yang merupakan zona hijau penyebaran Covid-19, akan kembali mebuka sekolah secara bertahap mulai pertengahan Juli 2020 nanti.

Untuk Sumatera Barat, berdasarkan data pemerintah provinsi, kemungkinan tidak ada pembukaan sekolah tatap muka hingga akhir 2020. Hal itu disampaikan Gubernut Sumbar Irwan Prayitno seperti dilansir Antara, Rabu (17/6) kemarin.

“Kemungkinan (sekolah) akan dilaksanakan Januari tahun depan, tapi keputusannya akan tergantung pada rapat dengan kabupaten/kota pada awal Juli,” katanya di Payakumbuh, Rabu.

Irwan mengatakan, hal itu merujuk pada keputusan Menteri Pendidikan bahwa daerah yang bisa kembali ke sekolah hanya zona hijau. Sedangkan Sumbar, katanya tidak termasuk zona hijau, namun berada di zona kuning atau oranye. Sebab, seluruh daerah di Sumbar sudah pernah mencatatkan kasus positif.

“Zona hijau definisinya itu belum pernah ada satupun yang positif, ini sebenarnya sudah prestasi. Sebab sebelumnya Sumbar termasuk zona merah dan berubah ke zona oranye,” ujarnya.

Namun begitu kata Irwan lagi, masih ada kemungkinan untuk kembali ke sekolah pada pertengahan Juli atau awal tahun ajaran baru ketika memang kurva penambahan kasus positif di Sumbar menurun. (*/antara)