Bahas Kesiapan Pemenuhan Persyaratan Pelaksanaan PTM, Kemenko PMK Gelar Rakornis

Berita Nasional34 Dilihat
Shopee Indonesia
Shopee Indonesia

WPdotCOM, Jakarta – Pemerintah melalui SKB 4 Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19 telah mengatur penyelenggaraan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) seluruh satuan pendidikan pada bulan Juli 2021.

Pemerintah juga telah mengeluarkan beberapa kebijakan untuk menjamin layanan pendidikan berjalan secara optimal. Di antaranya adalah kebijakan bagi sekolah untuk mengisi daftar periksa kesiapan sekolah menyelenggarakan PTM di masa pandemi Covid-19 ini, dan kebijakan vaksinasi untuk tenaga pengajar atau guru.

Shopee Indonesia

Untuk membahas kesiapan pembukaan PTM pada bulan Juli 2021, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) melaksanakan Rapat Koordinasi Teknis membahas progress implementasi kebijakan PAUD, Pendidikan Dasar, dan Menengah, di Hotel Harris Vertu Jakarta, pada Kamis (15/4)

Shopee Indonesia

Rapat Koordinasi Teknis dipimpin oleh Asisten Deputi Bidang PAUD, Dasar, dan Menengah Kemenko PMK Wijaya Kusumawardhana, dan diikuti oleh perwakilan kementerian dan lembaga terkait.

Wijaya menjelaskan, saat ini pemerintah tengah mendorong agar setiap satuan pendidikan segera memenuhi daftar periksa protokol kesehatan sebagai syarat untuk membuka satuan pendidikan.

Saat ini, ungkap Wijaya, satuan pendidikan yang telah memenuhi daftar periksa baru sebanyak 53 persen melalui aplikasi atau website. Karena itu, saat ini pemerintah mendorong agar seluruh satuan pendidikan dapat segera memenuhi syarat daftar periksa.

“Ini harus dipenuhi sebagai syarat untuk membuka kembali sekolah sesuai SKB SKB 4 Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19,” tuturnya.

Selain itu, Wijaya mengatakan, pemerintah juga mendorong pelaksanaan vaksinasi untuk tenaga pengajar. Seperti diketahui, jelang pembukaan PTM, Pemerintah menargetkan 5,5 juta guru dan tenaga kependidikan itu akan selesai pada bulan Juni 2021.

Wijaya menambahkan, terkait vaksinasi untuk guru dan tenaga pendidik juga bergantung pada kesiapan daerah untuk melakukan vaksinasi.

“Vaksinasi ini memang berbicara terkait kesiapan daerah. Sehingga di sini kita juga harus mendorong daerah untuk melakukan vaksinasi kepada tenaga pengajar,” ujarnya.

Dalam rapat koordinasi teknis, dibahas juga terkait pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2021/2022 dan pelaksanaan DAK Fisik Bidang Pendidikan Tahun 2021. (*/pmk)

Blibli.com
Shopee Indonesia
Blibli.com