Kesehatan Mental Guru Jarang Dibahas, Padahal Tentukan Kualitas Pendidikan

Literasi38 Dilihat
Shopee Indonesia
Shopee Indonesia

Jakarta – Kesehatan dan kesejahteraan mental pengajar akan sangat memengaruhi proses belajar mengajar dan kualitas pendidikan yang diberikan kepada anak didik. Hanya saja, belum banyak yang menaruh fokus pada kesehatan mental pengajar.

Stress Management Specialist, Bagia Arif Saputra, mengatakan manajemen stres untuk kesehatan dan kesejahteraan guru sangat penting. Guru sangat rentan stres akibat beban mengajar yang besar.
“Aspek kesehatan mental tentu sangat penting bagi seorang pengajar mengingat tugas dan tanggung jawabnya yang besar sehingga rentan akan stres. Oleh karena itu, penting bagi pengajar untuk bisa mengelola stres pada dirinya sendiri,” ujar Bagia secara daring, Senin lalu.

Shopee Indonesia

Bagia menyebut pengelolaan stress mendasar yang bisa dilakukan, misalnya dengan mengizinkan diri beristirahat, melatih teknik meditasi, serta menyadari pentingnya kesehatan mental yang mereka miliki. Hal itu diamini Lektor Kepala Fakultas Ilmu Pendidikan, Sampoerna University, Susilowaty.

Shopee Indonesia

Susilowaty mengatakan Sampoerna University melalui Program Studi Pendidikan berkomitmen menghasilkan pendidik masa depan yang paham isu-isu terkini. Termasuk, yang terkait kesehatan mental pada pengajar dan mahasiswa.

“Kesehatan dan kesejahteraan mental bagi seluruh pengajar sangat penting, sehingga lingkungan pendidikan sehat dan sejahtera akan selalu terwujud. Karena, kami percaya pendidikan berkualitas akan tercipta ketika lingkungan serta komunitas pendidikan memiliki kesehatan dan kesejahteraan, baik secara fisik maupun mental,” tutur Susilowaty. (medcom)

Blibli.com
Shopee Indonesia
Blibli.com