oleh

Karya MTsN 9 Bantul Juara III Lomba Video Pendek Toleransi

Bantul – Film pendek terbaru karya Madrasah Tsanawiyah MTs) Negeri 9 Bantul berjudul ‘Petarung Sejati’ meraih Juara III Lomba Video Pendek bertema Toleransi dan Persaudaraan Manusia.

Video yang dikirim atas nama Nur Hasanah Rahmawati, Kepala MTsN 9 Bantul ini menceritakan final pertandingan futsal antara Tim Masemba (muslim) melawan Tim Santo Markus (Kristiani). Pertandingan itu digelar hari Minggu, dan tim Santo Markus datang terlambat karena mereka harus mengikuti Kebaktian Minggu terlebih dahulu di gereja.

Meski bisa menang WO, Masemba memilih bertanding. Bagi mereka, kemenangan bukan tujuan jika harus meninggalkan nilai-nilai kemanusiaan. Pertandingan tetap berlangsung demi menghormati hak-hak beribadah saudara mereka yang beda keyakinan. Jika kalah, setidaknya mereka sudah menunjukkan jiwa sportifitas. Jika menang, merekalah petarung sejati. Kemenangan mereka didapat melalui keringat di atas lapangan, bukan karena aturan yang tak menguntungkan tim lawan.

Atik, sapaan akrab Kepala MTsN 9 Bantul, menjelaskan bahwa film MTsN 9 Bantul ini merupakan hasil kerja sama dengan Tanahijau Kreative. Selain untuk keperluan lomba, produksi film ini, menurut Atik, menjadi laboratorium pembelajaran sinematografi siswa MTsN 9 Bantul. Ia menambahkan, di MTsN 9 Bantul pun tengah dibentuk ekstrakurikuler sinematografi untuk mewadahi minat dan bakat siswa di bidang tersebut.

Baca Juga:  SMA/SMK Karya Pembangunan Baleendah Akrab dengan Teknologi Masa Kini