oleh

Melirik Wisata Sejarah Istana Sisingamangaraja dan Markas Perjuangannya

Humbahas – Wisata sejarah merupakan wisata yang tidak kalah menarik dengan wisata alam. Kini banyak orang memilih melakukan wisata sejarah, terlebih para mahasiswa dan pelajar  untuk menambah pengetahuan mereka mengenai peninggalan sejarah yang ada.

Seperti objek wisata sejarah yang satu ini, Lembah Bakara. Lembah Bakkara selain memiliki wisata alam yang indah, juga memiliki wisata sejarah Istana Raja Sisingamangaraja.

Objek wisata alam dan sejarah ini terletak di desa Simamora Kecamatan Baktiraja Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara.

Pada masa perang padri (Paderi), istana Sisingamangaraja ini pernah dibakar oleh pasukan Tuanku Rao (Tuanku Imam  Bonjol). Peristiwa itu terjadi pada tahun 1825.

Dan dalam data yang ada, pasukan Belanda  juga membakar istana ini pada tahun 1878. Istana Sisingamangaraja baru di renovasi pada tahun 1978 oleh pemerintah indonesia.

Ketika istana dibakar oleh tentara Belanda, raja beserta keluarga juga para pemangku istana, serta para panglima kerjaan mengungsi ke daerah pedalaman Tapanuli tepatnya di si Onom Hudon Kecamatan Parlilitan.

Baca Juga:  Perlu Pasal Pemda Wajib Alokasikan APBD Pengembangan Wisata di RUU Kepariwisataan

Kemudian, Sisingamangaraja membangun markas kerajaan di daerah si Onom Hudon. Di sinilah perjuangan terakhir  pahlawan nasional Sisingamangaraja XII melawan Belanda. (theo)