Ini Penyebab 150 Ribu Sekolah Belum Terima BOSP

Jakarta – Kemdikbudristek mulai menyalurkan dana Bantuan Operasional Satuan Pendidikan (BOSP) Tahap 1 2023. Namun ratusan ribu sekolah belum menerima BOSP karena belum memenuhi syarat.

Anggaran BOSP Tahap 1 2023 mencapai Rp57 triliun untuk disalurkan ke 406 ribu satuan pendidikan. Satuan pendidikan yang menerima BOSP Tahap 1 2023 baru mencapai 249 ribu satuan pendidikan atau 61,33 persen. Sementara itu, 150 ribu atau 38,67 persen sekolah belum menerima BOSP.

“Ada yang belum menyampaikan realisasi dana BOS maupun BOP pada Tahun 2022, ini mohon dilakukan,” beber Sekretaris Ditjen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah, Sutanto, dalam webinar Kenapa BOSP Belum Cair, Rabu (22/2).

Sutanto mengungkapkan alasan lain satuan pendidikan belum menerima BOSP karena sejumlah data sekolah belum diverfikasi Dinas Pendidikan. “Ini juga harus kita ingatkan Disdik, untuk sekolah negeri agar kita bisa menyalurkan,” ujar dia.

Selanjutnya, terdapat sekolah yang belum memverifikasi sisa dana BOSP kepada pemerintah daerah. Sutanto mengingatkan seluruh syarat yang belum dipenuhi segera diselesaikan.

“Jadi, kami minta Dinas Pendidikan dan satuan pendidikan untuk melihat ini agar bisa memenuhi syaratnya,” ujarnya. (medcom)