Sejumlah Santri MA Alhikmah 2 Raih Golden Ticket ISADC Qatar 2023

Brebes – Prestasi internasional diraih siswa dan santri Madrasah Aliyah (MA) Al Hikmah 2 (Malhikdua), Benda, Sirampog, Brebes.

Ajid Maulana Izza dan kawan-kawan, meraih golden ticket dan akan menjadi delegasi Indonesia dalam International School Arabic Debating Championship (ISADC) Qatar 2023.

Final ISADC di Indonesia berlangsung secara online, 5 – 6 April 2023. Ada lima Finalis, terdiri atas tim Malhikdua, SMA Muhammadiyah Yogyakarta, Pondok Darusalam Gontor 2, Madrasah Internasional Amanatul Ummah, dan Lembaga Pengembangan Bahasa Asing Nurul Jadid.

“Ini adalah cita-cita saya sejak mengetahui di dalam dunia perdebatan ada event internasional, yaitu Qatar debat. Semoga saya bisa ikut dan ini yang mungkin menjadikan semangat belajar bahasa Arab saya bertambah,” ujar Aldi usai menerima pengumuman kemenangannya di Brebes, beberapa hari lalu.

Menurutnya, kemenangan ini tak lepas dari guru pembimbing debat, Sutanto, Lc, yang merupakan lulusan Universitas Al Azhar Kairo Mesir. Sutanto mengampu matapelajaran Bahasa Arab di MA Al Hikmah 2 Benda.

Menurut Sutanto, setelah melalui seleksi team debat lomba, ada 4 peserta terpilih dari Malhikdua, yaitu: M. Alwannasif Al-Ghifari (kelas X), Faqih Muhajir Al-Hamidy (kelas XI), Ajid Maulana Izza (kelas XI), dan Fauzul Mu’iz (kelas X). Dari 4 debater yang ikut pada event ini, Ajid menjadi satu-satunya santri yang sudah memiliki jam terbang dalam dunia perdebatan. Sisanya adalah pemain baru.

“Pada awalnya, saya selaku yang mendampingi mereka latihan agak kurang yakin mengingat tim utama debat adalah mereka yang sudah kelas akhir. Dikarenakan batasan usia, mereka tidak bisa diikutsertakan. Padahal secara kemampuan bahasa dan jam terbang sudah sangat mumpuni,” papar Sutanto.

Dalam persiapan, tim debat ini dikarantina kurang lebih selama satu minggu. Mereka tidak keluar dari kamar kecuali untuk hal-hal yang mengharuskan mereķa keluar.

“Semua akses untuk menunjang lancarnya proses debat, kami siapkan. Alhamdulillah dengan kerja keras dan optimis kita mampu memenangkan even bergengsi ini,” imbuh Sutanto.

Kepala MA Al Hikmah 2 Sulkhi Aziz mengaku bangga dan bersyukur atas prestasi siswanya yang meraih golden ticket ISADC Qatar 2023. Dia berkomitmen bahwa persiapan sebagai delegasi Indonesia di Doha Qatar akan dilakukan dengan baik dan serius agar apa yang menjadi harapan terwujud. (kemenag)