Bupati Humbahas Serahkan Alsintan pada Petani

Humbahas – Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor, SE, didampingi Sekda Drs Tonny Sihombing serahkan Alsintan (alat-alat mesin pertanian) kepada masyarakat Humbang Hasundutan melalui kelompok tani, Selasa (6/6) bertempat di Pendopo Bukit Inspirasi Doloksanggul.

Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Ir. Junter Marbun mengatakan, petani merupakan garda terdepan dalam menjaga ketahanan pangan terutama komoditi tanaman pangan, holtikultura dan perkebunan. Dalam mendukung itu, perlu mendapatkan perhatian dan bantuan dari Pemkab Humbahas dengan memberikan bantuan Alsintan kepada petani melalui kelompok tani.

Alsintan itu diberikan untuk mengurangi biaya tenaga kerja, membantu dan mempermudah pengelolaan lahan. Kemudian mempermudah penanganan pasca panen komoditi tanaman pangan, holtikultura dan perkebunan. Meningkatkan pendapatan serta meningkatkan ketahanan pangan di Kabupaten Humbang Hasundutan.

Alsintan yang diserahkan yaitu alat pemipil jagung (corn sheller), pompa air, cultivator, power thresher (mesin perontok multiguna) termasuk mesin pulper (pengupas kulit merah kopi).

Hulman Silaban mewakili kelompok tani mengucapkan terimakasih banyak kepada Bupati Humbahas atas pemberian Alsintan demi peningkatan hasil pertanian di Humbahas.

“Kami sangat bersukacita pak, doa kami kiranya Tuhan  memberikan kesehatan kepada bapak Bupati dalam memimpin masyarakat Humbahas. Alsintan ini sangat membantu kami dalam bidang pertanian,” ucap Hulman Silaban.

Kepada penerima Alsintan Bupati menyampaikan, agar dipergunakan dengan sebaik-baiknya, jangan hanya diterima tapi harus dirawat dengan benar.

“Alsintan itu bukan milik ketua kelompok tapi milik bersama, kalau ada petani yang membutuhkan boleh dipinjamkan. Bahkan kalau tidak dipergunakan, Alsintan akan ditarik pemerintah dan diberikan kepada kelompok tani yang membutuhkan,” tegas Bupati Humbahas.(*/theo)