Nadiem: “Kemitraan Vokasi dan DUDI Tingkatkan Perekonomian Masyarakat”

Berita Nasional20 Dilihat
Shopee Indonesia
Shopee Indonesia

Jakarta – Mendikbudristek Nadiem Makarim mengatakan, kemitraan pendidikan vokasi dengan dunia usaha dan industri (DUDI) mesti diperkuat. Ia menyebut sinergi antar dua pihak tersebut dapat membangkitkan ekonomi masyarakat.

“Kemitraan itu juga mampu menciptakan ekosistem kemitraan yang berdampak pada peningkatan nilai tambah ekonomi dan sosial masyarakat,” ujar Nadiem dalam Peluncuran Buku Praktik Baik Kemitraan di Satuan Pendidikan Vokasi “Mendobrak Mitos: 20 Kisah Inspiratif Pendidikan Vokasi” di Perpustakaan Nasional, Jakarta, Senin (26/6).

Dia berharap keberhasilan kemitraan tersebut dapat digaungkan. Hal itu agar menjadi praktik baik yang dapat dicontoh di dunia pendidikan vokasi.

Shopee Indonesia

Pihaknya meluncurkan meluncurkan buku Mendobrak Mitos. Buku memuat 20 kisah inspiratif pendidikan vokasi.

“Buku ini merupakan salah satu langkah strategis dalam mendiseminasikan keberhasilan program dan kebijakan penguatan kemitraan satuan pendidikan vokasi dengan dunia usaha dan dunia industri serta meningkatkan engagement khalayak vokasi dengan stakeholder strategis terkait pelaksanaan pendidikan vokasi,” kata Nadiem.

Buku ini, kata Nadiem, memuat 20 kisah inspiratif yang diambil dari satuan pendidikan vokasi, baik SMK maupun perguruan tinggi vokasi. Dia berharap buku ini akan memberi inspirasi kepada siapa pun yang membacanya, terutama bagi pemangku kepentingan pendidikan vokasi.

“Saya merasa bangga. Saya juga makin optimistis akan masa depan vokasi sebagai solusi menghadapi berbagai tantangan hingga mampu memberikan kesejahteraan bagi lulusannya,” ujar Nadiem. (medcom)

Blibli.com
Shopee Indonesia