Di Sumatra Utara, Kini ada 17 SMK Pusat Keunggulan Baru

Berita Daerah53 Dilihat
Shopee Indonesia
Shopee Indonesia

MEDAN – Kemdikbudristek menetapkan 17 sekolah menengah kejuruan di Provinsi Sumatra Utara sebagai SMK Pusat Keunggulan.

Hal tersebut sesuai dengan Keputusan Dirjen Pendidikan Vokasi Nomor 60/D/O/2023 tanggal 10 Agustus 2023, tentang Penetapan Sekolah Menengah Kejuruan Pelaksana Program SMK Pusat Keunggulan Skema Reguler Baru Tahap 1 Tahun 2023.

Shopee Indonesia

Kepala Dinas Pendidikan Sumatra Utara, Asren Nasution mengharapkan penetapan 17 SMK tersebut membawa harapan baru bagi pendidikan kejuruan yang lebih berkualitas.

Shopee Indonesia

“Penetapan 17 SMK di Sumut sebagai SMK Pusat Keunggulan tersebut, membawa harapan baru bagi pendidikan kejuruan yang lebih berkualitas,” ujarnya.

Sebelumnya, ia mengatakan pendidikan kejuruan di Sumut telah mendapatkan penghargaan dari Dirjen Pendidikan Vokasi melalui Keputusan Dirjen Pendidikan Vokasi Nomor 26/D/O/2023 Tanggal 17 April 2023, dan Nomor 33/D/O/2023 Tanggal 17 Mei 2023, tentang Penetapan SMK Pelaksana Program SMK Pusat Keunggulan Skema Pemadanan Dukungan Baru Tahap 1 dan Tahap 2 Tahun 2023, yaitu SMK Negeri 8 Medan dan SMK Negeri 2 Kisaran.

Dia mengatakan, keputusan ini disambut gembira oleh komunitas pendidikan dan industri di Sumut.  Ia menjelaskan filosofi penetapan SMK sebagai pelaksana SMK Pusat Keunggulan, 19 SMK ini telah membuktikan prestasi gemilang, komitmen kuat terhadap kualitas pendidikan, dan kesiapan untuk mempersiapkan siswa menghadapi tuntutan dunia kerja.

“Selain itu, SMK-SMK ini juga telah melangkah sejalan dengan visi untuk menciptakan lulusan vokasi yang siap berkontribusi di berbagai sektor industri,” kata dia.

Asren menjelaskan, pengumuman ini berdasarkan pada penilaian teliti yang melibatkan ahli pendidikan dan perwakilan industri. SMK terpilih memiliki fasilitas modern, kurikulum terkini, serta guru-guru berkualifikasi tinggi, yang akan memberikan pendidikan dan pelatihan sesuai dengan kebutuhan industri masa depan.

“Ini merupakan hadiah kemerdekaan ke-78 bagi Pemprov Sumut, khususnya bagi 17 SMK yang mendapatkan predikat SMK Pusat Keunggulan. Kami berterima kasih atas pengakuan ini dan komitmen pemerintah pusat untuk mendukung pendidikan kejuruan di daerah kami,” terangnya.

Langkah ini, kata Asren, akan menginspirasi sekolah-sekolah lain untuk terus meningkatkan standar pendidikan dan berkolaborasi dengan industri. “Kami mengucapkan terima kasih kepada guru, peserta didik, dan komite sekolah, baik langsung maupun tidak, yang telah mendukung kelancaran tugas SMK negeri dan swasta,” kata Asren.

Ia mengatakan, dengan pengumuman ini, 19 SMK tersebut akan mengalami transformasi mendalam dalam pendekatan pembelajaran, penerapan teknologi terbaru, serta peluang magang di perusahaan-perusahaan ternama dalam dan luar negeri.

“Langkah ini diharapkan akan menciptakan lulusan yang lebih siap dan relevan dengan kebutuhan industri saat ini dan masa depan,” katanya.

Selain itu, ia mengatakan, untuk mendukung SMK Bermartabat di Sumut, Dinas Pendidikan Sumut tengah melakukan percepatan pembentukan BLUD SMK Negeri Sumut.

“Dalam rangka percepatan pembentukan BLUD SMK, Dinas Pendidikan Provinsi Sumatra Utara telah melakukan berbagai langkah-langkah konkret dan pekan depan akan melakukan rapat koordinasi bersama OPD terkait dan Kemendagri,” kata Asren. (medcom)

Blibli.com
Shopee Indonesia