Kembangkan Literasi, Guru di Tanah Datar Bersiap Lahirkan Ratusan Judul Buku

Berita Daerah85 Dilihat
Shopee Indonesia
Shopee Indonesia

TANAH DATAR – Setelah proses workshop tahap awal selesai, guru-guru di Kecamatan Rambatan Kabupaten Tanah Datar mulai siapkan topik buku yang akan ditulis.

“Ini tahapan penting yang dilalui bersama oleh kawan-kawan guru di Tanah Datar, khususnya di Kecamatan Rambatan yang kita jadikan pilot project pengembangan literasi menulis di kalangan guru,” sebut Nova Indra, CEO Pusat Pengkajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (P3SDM) Melati, yang dihubungi redaksi Warta Pendidikan melalui telepon selulernya, Selasa (5/9).

Shopee Indonesia

Menurut pria yang juga penulis serta peneliti di bidang pengembangan sumber daya manusia itu, saat ini hampir separuh jumlah guru di Kecamatan Rambatan sudah mengikuti workshop penulisan buku tahap awal.

Shopee Indonesia

“Masih ada tiga gugus lagi yang akan masuk dalam bimbingan kepenulisan kita. Pilot project ini adalah langkah untuk membangun Kabupaten Literasi yang kita launching secara nasional beberapa bulan ke depan,” paparnya.

Selanjutnya, kata Nova, dukungan dari berbagai pihak di Tanah Datar ternyata cukup positif. Mulai dari dukungan Dinas Pendidikan setempat, sampai pada dukungan para tokoh masyarakat, pejabat, dan para pegiat sosial kemasyarakatan juga berdatangan.

“Alhamdulillah, dengan antuasiasnya kawan-kawan guru di Tanah Datar, khususnya di Rambatan sebagai percontohan, akan menghasilkan sesuatu yang positif. Bukan hanya bagi guru secara pribadi, tapi juga bagi daerah sebagai teladan bagi pengembangan literasi secara nasional,” tegas proa yang juga aktif menggali local content di Luhak nan Tuo itu.

Saat ini, sambungnya, bagi guru-guru yang telah mengajukan topik buku, maka pihak P3SDM Melati meklalui unit kerjanya Sekolah Indonesia Menulis, akan enyusunkan kerangka penulisan.

“Dengan adanya kerangka buku, tentu kawan-kawan guru akan mudah memulai menulis. Dan tiap tahapannya akan kita dampingi terus, sehingga dengan demikian dipastikan hasilnya akan maksimal,” pungkas. (*)

Blibli.com
Shopee Indonesia