Guru di Cirebon Dapat Fasilitasi Tempuh S2 Bidang Sains dari ITB

Berita Daerah8 Dilihat
Shopee Indonesia
Shopee Indonesia

CIREBON – Guru di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, mendapatkan peluang menempuh studi magister (S2) pada bidang sains.

Kerja sama yang merupakan fasilitasi dari Institut Teknologi Bandung (ITB) itu, bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) agar menjadi lebih baik.

“Kami mendiskusikan kemungkinan kerja sama untuk memfasilitasi guru-guru sains di Cirebon agar mengikuti pendidikan magister di kampus ini,” kata Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) ITB, Prof Wahyu Srigutomo di Cirebon, dilansir dari laman ITB seperti diberitakan medcom.id, Rabu (10/1).

Shopee Indonesia

Wahyu memastikan, pihaknya segera menindaklanjuti hasil diskusi itu, kemudian dijadikan landasan dalam kerja sama yang sudah terjalin dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cirebon.

Menurut Wahyu, tenaga pengajar di Cirebon harus diberikan kesempatan untuk melanjutkan pendidikan magister supaya mereka memiliki kompetensi dan keahlian tambahan.

Hal tersebut, lanjutnya, sejalan dengan tujuan ITB dan Pemkab Cirebon, yang menaruh konsentrasi khusus dalam penyiapan SDM unggul di daerah itu.

“Tujuannya untuk meningkatkan kualitas tenaga pendidik dalam mempersiapkan SDM,” ujarnya.

Ia menekankan, pada kerja sama itu ITB memiliki misi untuk menerapkan pendidikan multidisiplin berbasis teknologi 4.0 yang bisa berdampak dalam peningkatan kapasitas dan kualitas SDM melalui para guru di Cirebon.

Ia menilai, jika tenaga pengajar sudah menyelesaikan studi magister di ITB, secara perlahan mereka dapat menerapkan ilmunya kepada siswa-siswi di sekolah.

Wahyu menyebutkan, hal itu juga bisa meningkatkan peluang bagi lulusan asal Cirebon untuk bisa lolos seleksi masuk ke ITB.

“Sebetulnya ini bukan kerja sama yang pertama. Sebelumnya kita sudah melakukannya melalui Dinas Pendidikan (Disdik) Cirebon, yaitu terkait pelatihan bersama guru-guru,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon Ronianto menyampaikan, terkait adanya kesempatan studi magister di ITB, pihaknya yakin kualifikasi tenaga pengajar di Cirebon semakin meningkat.

Ronianto berharap selain kerja sama, kehadiran ITB yang sudah membuka kampus cabang di Cirebon bisa memberikan dampak positif lainnya untuk kemajuan daerah itu.

“Kita akan kembangkan lagi kerja sama dengan ITB ini, terutama terkait peningkatan kualifikasi guru-guru. Jadi, mereka bisa ikut S2 di ITB, dengan berbagai macam skema. Mudah-mudahan guru di Cirebon bisa menikmati keberadaan kampus ITB di Cirebon,” ucapnya. (source: medcomid)

Blibli.com
Shopee Indonesia