oleh

Sekolah Indonesia Menulis Fokus Pengembangan Workshop Kepenulisan di Indonesia Timur pada 2020

WPdotCOM, Malang – Memasuki awal tahun 2020, Sekolah Indonesia Menulis akan terus fokus untuk wilayah Indonesia Timur. Perwakilan-perwakilannya sedang bergerak untuk mempersiapkan kegiatan workshop kepenulisan di berbagai daerah.
“Benar. Kita sedang siapkan program kegiatan di wilayah Indonesia bagian Timur2020 . Selama ini, belum terlalu banyak kegiatan Sekolah Indonesia Menulis di bagian Timur,” demikian ungkap Santy Fidrianna, pimpinan unit kerja pada lembaga Pusat Pengkajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (P3SDM) Melati kepada media ini, Jumat (13/12) di Malang.
Terkait program kegiatan yang akan dinaungi oleh Sekolah Indonesia Menulis, ia menjelaskan, workshop kepenulisan bagi guru, dosen, dan pelajar, masih menjadi target utama. Selain itu, sebagai program pendamping, pelatihan-pelatihan multimedia juga akan disertakan guna mengupgrade keterampilan para pendidik dalam bidang komputerisasi.
“Selain workshop kepenulisan bagi pendidik dan pelajar, kita sertakan program pelatihan ICT. Program pelatihan ICT kami rasa juga sangat penting. Banyak guru-guru kita yang belum mahir menggunakan perangkat multimedia, dan kami akan bantu melalui pelatihan berkelanjutan mulai dari tingkat dasar,” ujarnya.
Selain program kepenulisan dan multimedia, pihaknya juga menyediakan pelatihan non literasi. “Kita ingin membantu sekolah-sekolah dan lembaga pendidikan lainnya dalam bidang manajemen mutu. Dan bidang tersebut bisa dijadikan satu paket dengan workshop kepenulisan maupun pelatihan ICT,” terang penulis buku-buku manajemen mutu itu.
Mengenai sistem workshop kepenulisan di tahun mendatang, ia menjelaskan tidak ada perbedaan mendasar dengan apa yang sudah ada sebelumnya.
“Pola workshop kepenulisan kita tetap sama. Dua hari workshop tatap muka, dimana guru peserta diberi tutorial kepenulisan, bengkel kerja penyusunan dan penulisan artikel populer plus langsung publikasi, penyusunan kerangka buku sesuai topik yang dipilih oleh guru peserta. Dan dilanjutkan dengan bimbingan daring sampai naskah karya tulis guru peserta selesai. Ini bukan janji, tapi sistem workshop yang sudah bertahun-tahun kita jalankan di lokasi manapun di Indonesia,” ujarnya. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 comments

    1. Silahkan diinisiasi grup workshop kepenulisannya bu Sufiati Hanifah..
      Untuk komunikasi bisa hubungi kami di nomor 0811990400 (Telp. dan WA)

News Feed