Bunda Literasi Jawa Barat Ajak Pelajar Tangkal Hoaks

WPdotCOM, PangandaranKepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jabar Dewi Sartika dan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Jabar Berli Hamdani, kunjungi Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Pangandaran.

Kunjungan yang dilakukan bersama  Bunda Literasi Jawa Barat Atalia Praratya Kamil itu, adalah dalam rangka kegiatan Siaran Keliling Jabar ke-15.

Pada kegiatan itu, Atalia selaku Bunda Literasi Jabar mengajak para pelajar untuk terlibat langsung dalam menangkal hoaks. Khususnya terkait dengan virus corona yang akhir- akhir ini makin meresahkan warga.

“Sekarang ini, banyak sekali muncul informasi tidak benar terkait penyebaran virus corona. Sampai hari ini, alhamdulillah Indonesia masih aman terkendali. Saya juga minta kepada masyarakat, ketika ada informasi terkait virus corona, jangan langsung percaya. Kita ikuti saja berita resmi yang diberikan oleh pemerintah,” imbau Atalia seperti dikutip laman Dinas Pendidikan Jawa Barat, kemarin.

Masih menurut Atalia, guna memastikan informasi yang beredar benar atau tidak, bisa dikonfirmasi ke Jabar Saber Hoax (Unit Kerja Pemerintah Daerah Provinsi Jabar yang bertugas menyapu bersih berita bohong).

“Kalian bisa tanyakan ke Jabar Saber Hoax. Kalian bisa cek apa saja isu yang sedang berkembang. Ini penting agar kalian tidak gampang termakan isu hoax,” imbaunya.

Senada dengan itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Jabar Berli Hamdani juga  meminta pelajar untuk aktif menyebarkan informasi yang benar terkait virus corona. “Adik-adik harus ikut membantu kami menyampaikan informasi yang benar kepada publik. Untuk mengatasi hoaks kita harus bertanya kepada pihak yang menangani virus corona, seperti ke Dinas Kesehatan,” imbaunya.

Selain diisi sosialisasi, dalam kegiatan ini juga dipamerkan sejumlah karya pelajar SMA/SMK/SLB di Pangandaran. Mulai dari alat ukur digital, jemuran antihujan berteknologi digital, hingga teknologi digital pembuka pagar rumah. (sumber: disdik jabar)

Tinggalkan Balasan