Kemdikbud Serahkan Hibah Alat Pelindung Diri pada RS Perguruan Tinggi Negeri

Berita Nasional15 Dilihat
Shopee Indonesia
Shopee Indonesia

WPdotCOM, Jakarta – Kemdikbud melalui  Direktur Jenderal Pendidikan Dikti (Dirjen Dikti) serahkan hibah Alat Perlindungan Diri (APD) kepada RS Perguruan Tinggi Negeri (PTN) kemarin di Jakarta.

Penyerahan secara simbolis itu dilakukan melalui teleconference. Pada kesempatan itu, Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Dikti (Dirjen Dikti) Nizam menyampaikan, sejak awal Maret lalu RS PTN dan Fakultas Kedokteran Perguruan Tinggi Negeri (FK PTN) secara intensif telah melakukan berbagai upaya untuk menyiapkan diri untuk berperan sebagai test center dan melakukan penanganan pasien Covid-19.

Shopee Indonesia

Saat menyerahkan hibah secara simbolis kepada RS PTN itu, Nizam menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas inisiatif dan semangat relawan yang bertugas di RSP bersama para dosen mereka.

Shopee Indonesia

“Atas nama Kementerian, saya sampaikan secara simbolis bantuan alat perlindungan diri  untuk adik-adik relawan, supaya nanti siap bertugas membantu di daerahnya masing-masing dan juga untuk RS PTN,” ucap Nizam.

Mudah-mudahan kata Nizam lagi, perlengkapan ini bisa membantu kelancaran tugas kita semua terutama adik-adik relawan dan rekan-rekan di RS PTN dan fakultas kedokteran sekalian untuk bisa menjalankan tugasnya dengan baik dan semuanya dalam kondisi yang terlindungi dan aman, semuanya sehat.

Diungkapkan Nizam, pada saat ini terdapat 6 Polymerase Chain Reaction (PCR) yang dalam perjalanan ke Indonesia, dan dalam waktu dekat akan tiba di Singapura. Dua di antaranya sudah ada di Singapura dan beberapa akan menyusul. PCR ini akan dikirimkan terlebih dahulu ke Universitas Indonesia dan Universitas Airlangga yang merupakan episentrum saat ini. Disusul Universitas Diponegoro, Universitas Gadjah Mada, Universitas Udayana dan PTN penanganan Covid-19 lainnya.

Saat ini sebanyak 13 RS PTN yang telah ditugaskan melakukan penanganan Covid-19, di antaranya 7 RS PTN Badan Hukum (PTN-BH), yaitu Universitas Indonesia, Universitas Airlangga, Universitas Diponegoro, Universitas Gadjah Mada, Universitas Hasanuddin, Universitas Indonesia, Universitas Padjadjaran, dan Universitas Sumatra Utara, serta 6 PTN Badan Layanan Umum (BLU), yaitu Universitas Andalas, Universitas Brawijaya, Universitas Mataram, Universitas Sebelas Maret, Universitas Tanjungpura, dan Universitas Udayana.

Selain 13 PTN yang telah disebutkan sebelumnya, PTN lain yang telah menyatakan kesediaannya untuk segera aktif mendukung penanganan Covid-19 dan sedang melakukan persiapan. Di antaranya Universitas Syiah Kuala, Universitas Jambi, Universitas Mulawarman. Selain itu, 3 FK Perguruan Tinggi Swasta (PTS) juga bersedia untuk mendukung, yaitu Universitas Pelita Harapan, Universitas Katolik Atmaja Jakarta, dan Universitas Trisakti. Diharapkan semakin banyak FK lain yang dapat berpartisipasi aktif dalam penanganan Covid-19. (SP)

Blibli.com
Shopee Indonesia
Blibli.com

Tinggalkan Balasan