Nadiem Makarim: Tunjangan Profesi Guru Tak Dipotong Akibat Realokasi APBN

Shopee Indonesia
Shopee Indonesia

WPdotCOM, Jakarta — Anggaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) mengalami sejumlah realokasi untuk penanganan wabah Covid-19.

Namun begitu kata Mendikbud Nadiem Makarim, pihaknya memastikan anggaran tunjangan profesi guru tidak terimbas kebijakan realokasi tersebut.

“Dalam kondisi krisis ini tentunya tunjangan profesi guru juga masuk kategori yang sama, tidak ada perubahan anggaran, pemotongan anggaran. Juga bantuan kepada perguruan tinggi swasta tidak ada pemotongan,” kata Nadiem dalam rapat kerja (raker) dengan Komisi X DPR RI yang digelar virtual, Rabu (20/5) kemarin.

Shopee Indonesia

Nadiem menyebutkan, kini sedang fokus terhadap sejumlah anggaran. “Ini kita pastikan bahwa hal-hal yang lebih dibutuhkan pada saat krisis seperti ini tidak ada pemotongan,” sebut Nadiem.

Selain itu, Nadiem juga menyinggung perihal akses pembelajaran secara online (daring) yang diterapkan. Ia menyebut bahwa kondisi saat ini merupakan momentum untuk mempercepat pemerataan infrastruktur.

“Ini yang tadi saya sebut, untuk memastikan bahwa kita punya equal access atau akses yang merata di berbagai macam daerah-daerah, terutama daerah tertinggal, daerah 3T,” ucapnya.

Sebelumnya, anggaran Kemendikbud 2020 tidak luput dari kebijakan realokasi untuk penanggulangan pandemi virus Corona. Jumlah anggaran Kemendikbud yang direalokasi mencapai lebih dari Rp 400 miliar lebih.

“Jumlah realokasi anggaran untuk mendukung pencegahan Covid-19 sebesar Rp 405 miliar,” kata Nadiem beberapa waktu lalu. (d’/tim)

Blibli.com
Shopee Indonesia

Tinggalkan Balasan