oleh

Menko PMK Muhadjir Effendy Tinjau Pembangunan Masjid Megah PP Muhammadiyah

WPdotCOM, Jakarta — Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy bersama Menteri Badan Usaha Milik Negara (Menteri BUMN) Erick Tohir tinjau lokasi pembangunan Masjid At-Tanwir di Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat kemarin..

Menteri BUMN Erick Tohir seraya diamini Menko PMK mengatakan, masjid yang dibangun dengan dilengkapi teknologi solar panel itu, diharapkan bisa menjadi contoh bagi masjid lainnya untuk memanfaatkan energi baru terbarukan (EBT) yang lebih ramah lingkungan.

“Alhamdulillah saya hari ini diajak Pak Menko PMK, shalat Jumat pertama setelah sekian lama (sejak pandemi Covid-19). Protokolnya juga bagus dan saya kira ini masjid pertama yang menggunakan teknologi solar panel,” ujarnya.

Lebih lanjut, masjid tersebut digadang dapat menjadi proyek percontohan bagi masjid-masjid lain agar memanfaatkan EBT yang lebih ramah lingkungan. Selain itu juga diharapkan menjadi contoh dalam pelaksanaan peribadatan semasa ataupun setelah pandemi Covid-19.

Sebagaimana ditegaskan Menko PMK pada beberapa kesempatan bahwa masyarakat seluruh umat beragama agar selalu mengindahkan aturan pemerintah untuk tetap menjalankan protokol kesehatan selama berada di ruang publik, termasuk masjid ataupun rumah ibadah lainnya.

“Dalam menyikapi kondisi menuju new normal ini kita harus betul-betul patuhi aturan pemerintah untuk tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat, termasuk saat kita berada di rumah ibadah. Hal itu penting agar kita semua bisa melawan penyebaran Covid-19,” ungkapnya.

Sebagaimana diketahui masjid At-Tanwir PP Muhammadiyah, peletakan batu pertamanya dilakukan oleh Jusuf Kalla pada 17 Oktiber 2019 lalu. Menurut rencana, bangunan masjid megah berukuran 2.600 meter prsegi tersebut akan dilengkapi dengan bergama fasilitas. (ist)