Sektor Pendidikan Tetap Tidak Dibuka Meskipun 44% Kabupaten/Kota Sudah Aman dari Covid-10

Berita Nasional19 Dilihat
Shopee Indonesia
Shopee Indonesia

WPdotCOM, Jakarta — Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo menyebut 44 persen kabupaten/kota di Indonesia aman dari virus Corona karena masuk kategori zona hijau dan kuning. Zona hijau merupakan zona bebas corona, sementara zona kuning cenderung memiliki risiko rendah.

“Hasil yang kita lihat sekarang ada 44 persen dari 514 kabupaten/kota yang statusnya risiko rendah dan aman yaitu warna kuning dan hijau,” ujar Doni saat menyampaikan paparan di hadapan Presiden Joko Widodo di gedung BNPB, Jakarta, Rabu (10/6).

Shopee Indonesia

Doni mengatakan, zona hijau dan kuning ini menunjukkan kesiapan daerah untuk membuka kembali aktivitasnya. Meski demikian, menurut Doni, sektor pendidikan menjadi yang terakhir untuk dibuka. Pasalnya, risiko di sektor tersebut masih cukup tinggi.

Shopee Indonesia

“Adapun pendidikan karena risikonya tinggi adalah bagian terakhir yang kita nantinya jadikan sebagai program presiden,” katanya.

Sementara untuk daerah yang masih termasuk zona merah, ia memastikan gugus tugas akan terus mengawal. Ia menegaskan pemerintah akan berupaya mempertahankan masyarakat yang sehat dan menyembuhkan yang sakit sebagaimana perintah Presiden Jokowi.

“Ada beberapa daerah meningkat kasusnya tapi  kita yakin pembagian tugas antara pusat dan daerah sudah semakin baik. Dan sesuai perintah bapak presiden daerah-daerah yang relatif berisiko tinggi tetap kami kawal,” ucapnya. (ist/cnn)

Blibli.com
Shopee Indonesia
Blibli.com