Sejumlah Pihak Minta Operator Telekomunikasi Fasilitasi Internet Murah

WPdotCOM, Jakarta — Mengingat, di masa pandemi ini segala aktivitas, mulai dari pekerjaan hingga kegiatan belajar harus dilakukan secara daring, sejumlah pihak pun meminta operator telekomunikasi sediakan internet murah.

Seperti yang disampaikan Anggota Komisi I DPR RI Sukamta. “Di masa sekarang ini, masyarakat kita dipaksa untuk bekerja dari rumah. Kalau dulu yang bekerja itu pake WiFi fasilitas kantor, yang siswa pakai WiFi sekolah. Nah, sekarang mereka dipaksa berada dari rumah, tentu ini perlu solusi serius,” kata Sukamta dalam RDPU antara Anggota Panja Pengawasan Terhadap Informasi dan ICT Dalam Masa Pandemi Covid-19 Komisi I DPR RI dengan Operator Telekomunikasi, Kamis kemarin.

Hadir dalam rapat Direktur Utama PT Telkomsel Setyanto Hantoro, Direktur Utama PT Indosat Ahmad Abdulaziz Al-Neama dan Direktur Utama PT XL Axiata Dian Siswarini. Rapat itu membahas dukungan dan langkah strategis yang telah dilakukan oleh operator telekomunikasi dalam upaya menangani dampak pandemi Covid-19 di seluruh Indonesia.

Politisi Fraksi PKS ini menuturkan, pandemi Covid-19 telah memaksa pembatasan mobilitas masyarakat yang berdampak pada aktivitas perekonomian negara. Tak sedikit sektor industri yang terkena dampak parah, namun tidak untuk sektor telekomunikasi. Perubahan pola di tengah pandemi ini juga mempercepat peralihan dari analog ke digital.

Menurutnya, peralihan analog ke digitalisasi membutuhkan internet, sehingga perusahaan telekomunikasi sebagai penyedia layanan tentu mendapatkan manfaat. Karena itu, ia meminta kepada operator seluler untuk memangkas tarif internet lebih rendah dan melaporkan program tersebut sebagai bagian dari program Corporate Sosial Responsibility (CSR).

Legislator…