Politeknik Negeri Bengkalis Latih Calon Guru di Bidang Kompetensi Bahasa Inggris

WPdotCOM, Bengkalis – Lulus dari perguruan tinggi maka seseorang harus siap untuk berkarya. Tak hanya itu saja, para lulusan tersebut juga harus memiliki bekal komunikasi Bahasa Inggris.

Untuk itu, Politeknik Negeri Bengkalis mengadakan pelatihan Bahasa Inggris bagi calon-calon guru. Ini merupakan program pengabdian kepada masyarakat.

Melansir laman Politeknik Negeri Bengkalis, Kamis (24/9) lalu, mereka mengadakan pelatihan bagi calon-calon guru alumni IKA STAIN Bengkalis.

Adapun program ini dilaksanakan oleh tim pengabdian dosen Program Studi D3 Bahasa Inggris, Jurusan Bahasa, Polbeng, Boni Saputra, M.Pd selaku ketua dan Rionaldi, M.Pd sebagai anggota.

Dalam situasi pandemi Covid-19, program pelatihan dilaksanakan secara online dalam beberapa sesi pertemuan dimulai pertengahan September yang lalu dan diikuti sebanyak belasan orang peserta.

Adapun tujuan program ini adalah meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris untuk berkomunikasi bagi peserta pelatihan.

Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) Politeknik Negeri Bengkalis, Afridon, ST.,M berpesan agar tim pengabdian dapat memaksimalkan kegiatan meski dalam situasi sulit sekarang ini.

“Peran alumni ini dapat kita manfaatkan sebagai agen untuk mengedukasi masyarakat awam tentang Bahasa Inggris,” ujarnya.

Diharapkan, ke depannya Bengkalis memiliki komunitas, desa atau kampung tempat pembinaan Bahasa Inggris. Program bertajuk

“Pelatihan online Bahasa Inggris untuk Berkomunikasi bagi Calon-calon Guru Alumni IKA STAIN Bengkalis” ini bertujuan untuk mendukung Tridharma dosen dalam memberikan kontribusi kepada masyarakat.

Sementara Rahmad selaku Ketua Harian IKA STAIN Bengkalis sangat mendukung program ini, dia berharap program seperti ini dapat dilaksanakan secara langsung tatap muka jika situasi sudah membaik.

“Terima kasih kami ucapkan kepada pihak Polbeng. Dengan terlaksananya kegiatan ini dengan baik,” ucapnya.

“Kami yakin kegiatan ini bisa menambah wawasan dan kompetensi Bahasa Inggris untuk berkomunikasi Alumni IKA STAIN Bengkalis. Semoga kedepan program ini bisa terus berlanjut,” imbuhnya. (*)

 

*Berita ini telah tayang di Kompas.com https://www.kompas.com/edu/read/2020/09/28/093341571/polbeng-riau-beri-pelatihan-bahasa-inggris-bagi-calon-guru.