Sekjen Kemdikbud: Indonesia Siapkan Empat Tim untuk World University Debating Championship (WUDC)

WPdotCOM, Jakarta – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) telah sukses menyelenggarakan National University Debating Championship (NUDC) 2020 melalui dalam jaringan (daring) pada 24-30 September 2020.

Empat tim terbaik kategori Open-Draw NUDC 2020 akan diprioritaskan mewakili Indonesia mengikuti debat tingkat dunia pada ajang World University Debating Championship (WUDC) di Seoul, Korea Selatan, pada Juli 2021.

Empat tim tersebut antara lain Universitas Tanjungpura dari Kalimantan Barat sebagai terbaik pertama, Universitas Gadjah Mada, DI Yogyakarta sebagai terbaik kedua, Universitas Tadulako, Sulawesi Tengah, dan Universitas Katolik Parahyangan, Jawa Barat sebagai terbaik ketiga.

Sekretaris Jenderal, Kemendikbud, Ainun Na’im menyampaikan selamat kepada para pemenang atas prestasinya khususnya bagi perguruan tinggi yang ada di luar Jawa.

“Selamat kepada semua peserta dan khususnya bagi para juara. Saya menghargai bahwa sekarang ada juara yang datang dari luar pulau Jawa. Ini menunjukkan bahwa pembangunan kita semakin merata dimana ada dua perguruan tinggi dari luar Jawa dan dua perguruan tinggi dari Jawa menjadi juara,” kata  Ainun, seperti dikutip dalam rilis Kemendikbud di Jakarta, Rabu (30/9).

Saat acara penutupan NUDC 2020, di Bogor, Selasa malam (29/9) Ainun mengatakan, selain meningkatkan rasa percaya diri peserta, ajang NUDC ini penting karena berkaitan dengan keterampilan berbicara, beragumentasi, dan berdiskusi untuk menemukan sesuatu yang terbaik.

“Skill  ini saya yakin akan menjadi bagian dari bekal yang penting bagi adik-adik mahasiswa untuk mengembangkan diri lebih lanjut dan berkarir dan nantinya berkontribusi dalam kehidupan masyarakat,” ujar Ainun.

Peserta NUDC 2020 berjumlah 112 tim yang merupakan mahasiswa aktif program Sarjana atau Diploma perguruan tinggi perwakilan dari Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) wilayah I – XV di Indonesia.

Setiap tim terdiri atas dua orang debater dan satu orang calon juri yang dikirim oleh perguruan tinggi dan melekat pada tim untuk diikutkan dalam akreditasi, sehingga total peserta pada NUDC 2020 sebanyak 336 peserta.

Seluruh tim mengikuti preliminary rounds atau babak penyisihan. Tiga puluh dua tim terbaik akan melanjutkan ke octofinal rounds untuk diambil enam belas tim terbaik pada babak perempat final.

Selanjutnya pada perempat final diambil delapan tim terbaik yang akan melanjutkan debat pada semi final. Empat tim terbaik yang berlaga pada grand final akan melaju pada ajang debat internasional WUDC di Korea Selatan.

Selain kategori open,…