oleh

Sole Oha-Liang Namang, Kesenian Daerah Kaya Makna

WPdotCOM – Kesenian daerah Sole Oha-Liang Namang, merupakan salah satu unsur kebudayaan daerah lokal yang memiliki ekspresi artistik.

Kebutuhan akan ekspresi estetis berkaitan dengan karakteristik dasar masing-masing masyarakat adat. Tidak ada masyarakat  bangsa yang memiliki  karakteristik-karakteristik dasar yang sama. Melalui karya seni seperti seni sastra, musik, tari, lukis, dan drama, manusia mengekspresikan ide-ide , nilai-nilai , cita-cita, serta perasaannya.

Blibli.com

Kesenian Sole Oha-Liang Namang juga mengungkapkan makna-makna hakiki yang  hanya dapat ditangkap dengan kepekaan perasaan estetis yang tinggi. Kesenian daerah lokal merupakan salah satu unsur kebudayaan dan bagian yang tak terpisahkan dari kebutuhan hidup masyarakat adat dalam suatu wilayah.

Sole Oha-Liang namang adalah kesenian daerah lokal yang ada di kecamatan Ile Ape dan Ile Ape Timur. Sebagai ekspresi eksistensi manusia masyarakat adat, kesenian Sole Oha-Liang Namang berwujud sesuai dengan corak dasar keberadaan masyarakat adat.

Unsur-unsur kebudayaan seperti Sole Oha-Liang Namang mengandung nilai-nilai spiritual, sosial yang perlu ditumbuh-kembangkan dalam kehidupan masyarakat adat. Kesenian Sole Oha-Liang Namang dengan kondisinya hanya didukung sejumlah kecil orang sebagai pewarisnya, tanpa tradisi tertulis, dinyanyikan atau dilagukan secara lisan saja. Sistem pembelajaran formalnya tidak efektif dan merupakan masalah yang sangat serius diperhatikan oleh orang-orang yang mau mengambil ahli tongkat estafet (orang muda) zaman ini.

Persoalan karakter dan jati diri sebagai bangsa dan masyarakat berbasis kesenian Sole Oha-Liang Namang belum kokoh kuat dalam persaudaraan yang utuh. Terjaminnya masa depan orang muda menjadikan kesenian daerah Sole Oha-Liang Namang untuk memupuk rasa persaudaraan, persamaan harkat dan martabat, maka perlu ada gerakan nurani orang muda untuk melestarikan aset daerah  di tengah-tengah arus globalisasi ini.

Kesenian daerah Sole Oha-Liang Namang menjadi penting karena merupakan warisan leluhur nenek moyang masyarakat adat, mengandung nilai-nilai spiritual, sosial. Sole Oha-Liang Namang adalah aset bangsa yang sangat mahal, jati diri masyarakat adat kecamatan Ile Ape dan Ile Ape Timur.

Implementasi kesenian daerah Sole Oha-Liang Namang antara lain diprogramkan bersama-sama secara berkala, perencanaan melibatkan orang muda, tokoh masyarakat, pemerintah, LSM, tokoh agama, penuturnya, dinas terkait, sarana-prasarana disiapkan dan difungsikan, anggaran, pendataan tokoh-tokoh penuturnya.

Penulis: Emanuel Tana (Kepala SD Inpres Hamahena, Lembata)