Santri TPQ Jabal Nur Lakukan Senam Seusai Didikan Subuh

Berita Daerah33 Dilihat
Shopee Indonesia
Shopee Indonesia

WPdotCOM, Sijunjung – Sebagai lembaga pendidikan keagamaan Islam di Kabupaten Sijunjung, TPQ Jabal Nur, selain telah berhasil membina dan mengembangkan kehidupan beragama, juga ikut berperan dalam menanamkan rasa kebangsaan ke dalam jiwa santrinya. TPQ Jabal Nur juga ikut  berperan dalam upaya mencerdaskan bangsa.

Sebagaimana ide dasar sejarah pendirian TPQ Jabal Nur ini, semula dimaksudkan untuk menyempurnakan pendidikan agama bagi siswa yang ada di sekolah umum (SD, SMP dan SMA). Hal tersebut mengingat Pendidikan Agama Islam pada sekolah umum tersebut dirasa sangat kurang memadai bagi pendidikan agama peserta didik.

Shopee Indonesia

Tidak berhenti di situ, kemudian TPQ jabal Nur berkembang terus, TPQ Jabal Nur adalah salah satu lembaga yang menjadi harapan untuk tetap berkiprah meningkatkan pengetahuan dan pengamalan agama di Nagari Kampung Dalam Kecmatan Lubuk Tarok Kabupaten Sijunjung.

Shopee Indonesia

Pagi ini, Minggu (28/2), seusai melaksanakan shalat subuh berjamaah, santri TPQ Mushalla Jabal Nur di dampingi gurunya, Elismaini, Rara dan Dilla, melaksanakan kegiatan didikan subuh. Di mana malamnya sebelum mereka tidur di Mushalla terlebih dahulu sebelum melaksanakan latihan didikan subuh. Mereka menghafal dan membaca semua urutan acara yang akan digelar besoknya, mulai dari membaca ayat suci Al Qur’an, bacaan shalat, Rukun Iman dan Rukun Islam dan Nasyid Islami serta doa-doa.

Salah seorang Santri TPQ Mushalla Jabal Nur, menampilkan kebolehannya dalam melaksanakan didikan subuh yang di pandu oleh gurunya, Minggu 28/2/2021.

Mereka juga diajarkan dan menampilkan Asmaul Husna yang dipandu oleh gurunya. Setelah mereka selesai melaksanakan didikan subuh, lalu gurunya memandu mereka melaksanakan senam pagi bersama, yang juga diikuti oleh sebagian jamaah dan kegiatan di sudahi dengan goro bersama di Mushalla Jabal Nur.

TPQ Jabal Nur yang beralamat di Bukik Godang, Jorong Koto, Nagari Kampung Dalam Kecamatan Lubuk Tarok Kabupaten Sijunjung tersebut, telah memiliki Nomor Statistik yaitu 411203039828. Berdiri di atas lahan dengan status tanah  Waqaf dari masyarakat, dengan nomor Tanah/Sertifikat/Wakaf 01 KUA-03.03.B/DA.00/III/2018 No. 00001 dengan luas tanah 167 M2. Luas Bangunannya 64 M2. TPQ ini tergabung dalam Mushalla Jabal Nur dengan jumlah Santri Putra sebanyak 11 orang Santri Putri 11 orang dengan jumlah guru tiga orang.

Setelah selesai melaksanakan didikan subuh yang di pandu oleh gurunya, santri TPQ Mushalla Jabal Nur melaksanakan senam pagi bersama yang juga diikuti oleh sebagian masyarakat sekitar. Minggu 28/2/2021.

Widiastuti, S.Pd.I, Guru TPQ Jabal Nur ketika ditanya media Warta Pendidikan tentang Visi dan misi TPQ Jabal mengatakan, visi dan misi TPQ Jabal Nur adalah Terwujudnya Generasi Muslim yang berakhlak mulia dan terampil membaca Al Qur’an serta berprestasi.

Sedangkan misinya adalah menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas dalam pencapaian prestasi akademik dan non akademik, Mewujudkan pembelajaran dan pembiasaan dalam mempelajari Alqur’an dan menjalankan ajaran agama Islam.

“Juga mewujudkan pembentukan akhlak mulia dan mampu mengaktualisasikan diri dalam masyarakat., Menyelenggarakan tata kelola TPQ yang efektif, efisien, transparan dan akuntabel dan kami ingin mewujudkan itu semua dengan baik, diamana pagi ini setelah kami melaksanakan didikan subuh kami melaksanakan senam untuk kesehatan guru dan santri,” terang Widiastuti. (*/Saldi)

Blibli.com
Shopee Indonesia
Blibli.com