Optimalkan Teknologi, Mahasiswa Univ. Prasetiya Mulya Dampingi 158 UMKM Kembangkan Pemasaran

Berita Daerah15 Dilihat
Shopee Indonesia
Shopee Indonesia

WPdotCOM, Tangerang – Sudah setahun lebih bencana pandemi covid-19 melanda. Di Indonesia, pemerintah masih banyak melakukan pembatasan aktivitas di berbagai sektor, tak terkecuali pendidikan. Lembaga pendidikan diwajibkan untuk menerapkan sistem pembelajaran jarak jauh.

Di dunia perguruan tinggi, hal tersebut berimbas terhadap pelaksanaan kegiatan KKN. Di mana seharusnya mahasiswa dapat terjun langsung untuk menerapkan ilmu yang didapat selama mengemban bangku perkuliahan, karena pandemi covid-19 ini terpaksa harus dibatalkan, diundur, atau diubah metode pelaksanaannya.

Shopee Indonesia

Salah satu kampus yang tetap melaksanakan kegiatan KKN adalah Universitas Prasetiya Mulya. Pihak kampus mengubah pelaksanaan KKN yang bernama Community Development (Comdev), dengan metode daring.

UMKM yang diberikan pendampingan oleh Mahasiswa Univ. Prasetiya Mulya melalui progeam Comdev.
Shopee Indonesia

Program Comdev adalah program KKN berbasis kewirausahaan yang bertujuan untuk membantu pengusaha mikro (yang disebut dengan UMKM) dalam berbagai lini manajemen bisnis melalui mahasiswa.

Lebih dari 1200 mahasiswa, melakukan pendampingan terhadap mitra binaan dari rumahnya masing-masing. Dengan mengandalkan berbagai media komunikasi virtual yang saat ini sudah banyak tersedia, mahasiswa melakukan proses transfer ilmu pengetahuan ke mitra binaan.

Beragam reaksi mitra saat mengikuti pendampingan via daring. Rani Susanti, salah seorang mitra binaan yang menjual produk kacang telur asal Cianjur, Jawa Barat, mengungkapkan,”yang paling seneng, saya dibantu promo lewat instagram. Ibu juga bener-bener diajarin tentang e-commerce (tokped, shopee, bukalapak) sampai kami mengerti dan kebanjiran order.”

Begitupun yang dirasakan Bapak Ahmad Yasir, mitra binaan asal Cianjur, Jawa Barat. Selama didampingi oleh mahasiswa, ia pun merasa terbantu dalam segi pemasaran produknya secara online.

Abon Ikan Pahaji yang merupakan nama dari produknya. saat ini menjadi produk terlaris nomor 1 di salah satu marketplace di Indonesia. Mahasiswa juga membantu membuatkan kemasan yang menarik, serta mengelola akun instagram produknya untuk merambah pasar yang lebih luas.

Banyak UMKM yang merasa kesulitan dalam memasarkan produknya di masa pandemi Covid-19, besar harapan dengan adanya program Comdev dari Universitas Prasetiya Mulya ini, mampu menjadi angin segar bagi UMKM untuk dapat bertahan dan bangkit. (SP)

Blibli.com
Shopee Indonesia