Mengenal Tipe Kepribadian Introvert, Kepribadian yang Sering Dianggap Negatif?

ARTIKEL ILMIAH96 Dilihat
Shopee Indonesia
Shopee Indonesia

WPdotCOM – Teman-teman tahu istilah introvert? Introvert adalah salah satu jenis kepribadian selain ekstrovert dan ambivert.

Istilah introvert digunakan pertama kali oleh psikolog bernama Carl Jung di tahun 1920-an. Menurutnya, orang introvert adalah mereka yang cenderung mencari ketenangan dari dalam dirinya sendiri. Mereka lebih nyaman untuk fokus pada pemikiran diri sendiri ketimbang masukan dari orang lain.

Shopee Indonesia

Jadi faktanya, seorang yang introvert bukan berarti mereka pemalu, mereka hanya menghargai dan menikmati waktu sendiri. Dr. Jennifer Kahnweiler, penulis  The Introverted Leader: Building on Your Quiet Strength mengatakan, introvert merupakan kondisi kejiwaan di mana seseorang mendapatkan energi melalui menghabiskan waktu sendirian. Kemudian mereka dapat kembali terhubung dengan dunia luar setelah energi mereka kembali penuh.

Shopee Indonesia

Introvert adalah tipe kepribadian yang orang-orangnya memiliki ciri lebih fokus terhadap perasaan internal di dalam dirinya sendiri, dibandingkan dengan stimulasi eksternal dari lingkungan di sekitarnya. Orang-orang yang introvert, cenderung lebih pendiam, tenang, dan lebih luwes dalam menilai dirinya sendiri (introspektif). Jadi perlu di ingat, kepribadian introvert tidak sama dengan  pemalu atau memiliki gangguan kecemasan sosial.

Ciri-ciri Introvert berikut:

  1. Merasa berkumpul dengan banyak orang menguras energi;
  2. Perlu keheningan untuk berkonsentrasi;
  3. Peka pada kondisi diri;
  4. Memiliki sedikit teman yang berkualitas dan sangat dekat;
  5. Lebih memilih menyampaikan pendapat lewat tulisan ketimbang lisan;
  6. Lebih mudah merasa lelah di keramaian;
  7. Jika ada masalah, mereka lebih banyak berimajinasi atau melamun sendiri;
  8. Me time’ adalah cara yang paling disukai untuk beristirahat dari kepenatan;
  9. Lebih tertarik dengan pekerjaan yang bersifat mandiri.

Karena keunikan dari tipe kepribadian introvert, ada beberapa keistimewaan kepribadian introvert yaitu:

  1. Lebih berhati hati dan tak gegabah,
  2. Memiliki pertemanan yang awet,
  3. Lebih mandiri dan tak bergantung pada orang lain,
  4. Pendengar yang baik, dan
  5. Keahlian mengamatinya luar biasa.

Setelah mengetahui definisi dan ciri ciri khas dari tipe kepribadian introvert, juga perlu diketahui bahwa seorang introvert ternyata membuat keputusan pun tidak gegabah. Artinya introvert cenderung membuat keputusan yang lebih baik. Atau mungkin seorang introvert akan mudah terdistraksi pada beberapa stimulus dari luar.

Jadi, tak perlu malu atau berkecil hati dengan kepribadian tersebut. Bahkan berbagai tokoh pun bisa menunjukkan kesuksesannya sebagai seorang introvert. Meski begitu, tetap saja introvert kerap dicap sebagai orang yang pemalu, penyendiri, dan sombong. Sebetulnya, pandangan tersebut hanyalah suatu kesalahan pemikiran seseorang dalam memahami karakteristik orang introvert.

Perlu diingat bahwa tak ada tipe kepribadian yang benar ataupun salah. Baik introvert maupun ekstrovert harus sama-sama memahami perbedaan satu sama lain. Dengan begitu, maka kehidupan pun akan terasa lebih harmonis dan indah. Support system sedini mungkin dari orang tua dapat mendorong mereka untuk menjadi diri mereka sendiri, dan mengajari mereka keterampilan sosial yang baik.

Jadi sekarang setelah membaca ini kamu memiliki wawasan dan pengetahuan tentang apa artinya menjadi seorang introvert. Semoga ini menghilangkan stigma dan stereotip negatif apapun yang mungkin kamu miliki tentang tipe kepribadian ini.

Penulis: Ajeng Asriasa (Guru SMA Negeri 3 Kota Batu)

Blibli.com
Shopee Indonesia
Blibli.com