oleh

Cabang Olahraga Kempo Sumbang Emas pada Gelaran PON XX di Tanah Cendrawasih 2021

WPdotCOM, Papua – Sampai saat ini Jawa Barat (Jabar) masih menjadi urutan pertama pada perolehan medali Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 hingga Senin (11/10/2021) pukul 20.00 WIB.

Berdasarkan pantauan dari berbagai pemberitaan baik media cetak dan elektronik, terhitung hingga Senin kemarin, Jabar sudah mengantongi total raihan medali sebanyak 242 medali. Mengungguli semua provinsi peserta PON lainnya.

Satu hal yang juga turut membanggakan, selain karena sampai saat ini Jawa Barat masih duduk pada puncak klasemen perolehan medali, juga adanya sumbangan 1 Emas dan 3 perak dan 1 perunggu pada cabang olahraga Kempo. Medali tersebut disumbangkan oleh Alit yang berasal dari Kabupaten Bandung yang juga guru SMKN 3 Baleendah.

Dipaparkan oleh Catur Sujatmiko, S.Pd., M.MPd pelatih tim Kempo Jawa Barat yang juga adalah guru SMKN 3 Baleendah. “Alhamdulilah, pada pelaksanaan gelaran Pekan Olahraga Nasional ke-XX ini, kita bisa menyumbangkan 1 Emas dan 3 perak dan 1 perunggu. Memang kalau bicara dalam hal prestasi, SMKN 3 Baleendah dari tahun ke tahun selalu menyumbangkan medali baik pada Porda maupun PON, khususnya pada Cabang Kempo tentunya.”

“Bahkan sekarang salah satu Guru SMKN 3 Baleendah juga sudah meraih medali perak pada Cabang Olahraga Shorinji Kempoi PON Papua 2021 atas nama Anggi Wibawa Saputra, SE. Ia berhasil merebut Medali Perak pada nomor Embu Berpasangan Putra III DAN,” papar Catur yang dihubungi via telepon karena masih mendampingi atlet Kempo di Papua.

Berbicara tentang sepak terjang sosok Catur Sujatmiko, guru yang satu ini adalah salah satu sosok yang membuka dan melatih sendiri Kempo SMKN 3 Baleendah dan Kabupaten Bandung. Hingga kini anak didiknya berprestasi di berbagak iven nasional maupun internasional.

Baca Juga:  ‘Milenial Smartren Ramadan Virtual’ Ala Disdik Jawa Barat Tumbuhkan Budi Pekerti

Sebagai sosok seorang guru yang mestinya digugu dan ditiru, tentunya Catur Sujatmiko yang juga sebagai salah satu calon kepala sekolah yang dikader oleh H. Asep Rusmana tersebut, memiliki harapan dan keinginan yang lebih besar terhadap prestasi. Utamanya prestasi yang ia bidangi saat ini yaitu cabang olahraga Kempo.

Ia ingin menjadikan olahraga menjadi salah satu kebutuhan utama bagi peserta didik. “Dengan olahraga yakin kita sehat,” tandas Catur.

Disampaikan juga oleh Asep Rusmana, S.Pd., M.MPd kepala SMKN 3 Baleendah, “kita turut bangga ada pada gelaran PON ke-XX di Papua ada guru kita yang berhasil menyumbangkan Emas untuk Jawa Barat. Ini merupakan prestasi yang hendaknya menjadi harapan bersama dan dijadikan motivasi buat yang ain agar bisa lebih dari itu.”

“Pesan saya, tetap berprestasi, harumkan nama Jabar, daerah asal dan sekolah. Kami yakin semua pasti bisa karna memang bisa,” ungkap Asep. (YD)