Disdik Riau Siapkan Solusi PPDB Online Daerah Minim Jaringan Internet

Shopee Indonesia
Shopee Indonesia

WPdotCOM, Pekanbaru –  PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) SMA/SMK Negeri di Riau tahun ini dibuka secara online.

Seluruh persyaratan dilakukan secara digital dengan mengupload berkas ke aplikasi yang sudah disiapkan oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Riau.

“Jadi tidak lagi manual seperti biasa, ini sesuai Permendibud, bahwa PPDB untuk tingkat SMA/SMK negeri harus dilakukan secara online,” kata Ketua Panitia PPDB SMA/SMK Negeri se-Provinsi Riau, Aristo, Mp.Pd, Jumat (24/6) kemarin.

Shopee Indonesia

Sementara itu untuk sekolah di pinggiran atau pedalaman yang tidak memiliki akses internet, Aristo menegaskan pihaknya sudah menyiapkan beberapa skema menyikapi kondisi tersebut.

“Untuk daerah terluar atau terpencil tidak ada jaringan internet, atau bahkan tidak punya peralatan, ‎ada beberapa cara,” kata Aristo yang juga Kepala Bidang SMA Disdik Riau ini .

Aristo menjelaskan,  bagi sekolah yang berada di daerah terpencil yang harus dilakukan saat PPDB adalah, sekolah sudah menyiapkan perangkat, pendaftaran bisa dilakukan langsung di sekolah.

“Karena pendaftaran harus dilakukan secara online. Nanti akan dibantu oleh petugas di sekolah untuk mengupload dokumen persyaratannya. Jadi masyarakat cukup membawa dokumen yang dibutuhkan ke sekolah,” sebutnya.

Jika hal tersebut tidak bisa dilakukan, maka pendaftaran terpaksa harus dengan cara manual. Nanti sekolah yang akan membantu calon siswa untuk melakukan pendaftaran.

“Beberapa sekolah yang berada di daerah terpencil sudah kita hubungi, itu dimungkinkan guru bisa berkunjung ke rumah-rumah calon siswa yang akan mendaftar. Nanti data-datanya dibawa ke sekolah, pihak sekolah yang akan mendaftarkan,” katanya. (sumber: infopublik)

Blibli.com
Shopee Indonesia