Platform Merdeka Mengajar, Mudahkan Guru Mengajar dan Berkarya

ARTIKEL ILMIAH91 Dilihat
Shopee Indonesia
Shopee Indonesia

WARTA PENDIDIKAN – Kurikulum Merdeka, sebuah kurikulum yang digagas untuk mencapai kualitas peserta didik yang merupakan keinginan semua pihak. Kehadiran Kurikulum Merdeka diyakini akan mampu menjembatani ketetinggalan pembelajaran setelah masa-masa sulit selama dua tahun pandemi Covid-19 .

Kurikulum yang diterbitkan melalui seri Merdeka Belajar Episode 15  dengan dilengkapi Platform Merdeka Mengajar, kini telah ditindaklanjuti dengan Implementasi kurikulum Merdeka pada 143.265 satuan pendidikan dan pusat kebiatan kegiatan belajar mengajar. Di antara ada 84.034 satuan pendidikan jenjang sekolah dasar yang turut melaksanakan Implementasi Kurikulum Merdeka tahun pelajaran 2022/2023.

Shopee Indonesia

Dengan adanya Implementasi Kurikulum Merdeka di tahun pelajaran ini, dunia pendidikan Indonesia mulai menggeliat lebih maju. Upaya pemulihan pembelajaran yang digagas pemerintah mulai tahun 2022 sampai dengan tahun 2024, dipastikan dapat terpenuhi. Sementara bagi sekolah yang belum siapa dengan Impelementasi Kurikulum Merdeka, Kemendikburistek mengeluarkan kebijakan sekolah tersebut masih dapat menggunakanKurikulum 2013 sebagai dasar pengelolaan pembelajaran, begitu juga Kurikulum Darurat yang merupakan modifikasi dari Kurikulum 2013 masih dapat digunakan oleh satuan pendidikan tersebut.

Shopee Indonesia

Pelaksanaan Impelemntasi Kurikulum Merdeka sebagai kurikulum baru, dibekali oleh pemerintah dengan meluncurkan aplikasi dengan nama Platform Merdeka Mengajar (PMM) secara bersamaan dengan Kurikulum Merdeka tersebut. Aplikasi PMM adalah aplikasi yang berisi platform pendidikan yang menjadi pendamping guru untuk mendidik dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Aplikasi terebut memiliki fitur Belajar, Mengajar, Berkomunitas, dan Berkarya.

Aplikasi ini disediakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) yang berisi referensi bagi guru untuk mengembangkan praktik mengajar sesuai dengan implementasi Kurikulum Merdeka, dalam menu Mengajar pada PMM itu, ada fitur perangkat ajar yang dapat digunakan oleh guru dan tenaga kependidikan dalam mengembangkan dirinya.

Untuk guru-guru, kini Platform Merdeka Mengajar dapat diunduh dari Google Playstore dan dipasang (install) pada gawai Android dan dapat diakses juga melalui laman https://guru.kemdikbud.go.id/ sedangkan untuk menggunakan platform merdeka mengajar dengan cara masuk/login menggunakan akun belajar.id yang kita miliki. Tentunya ini sangat memudahkan karena dapat diakses melalui smartphone yang dimiliki oleh guru.

Blibli.com
Shopee Indonesia
Blibli.com