Berdampak Negatif, PGRI Bekasi Minta Guru Awasi Siswa yang Main Game Online

Berita Daerah87 Dilihat
Shopee Indonesia
Shopee Indonesia

Bekasi – Sekretaris Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Bekasi, Hamdani meminta para guru untuk turut andil dalam mengawasi siswa yang bermain game online.

Menurutnya, tak sedikit game online yang memberikan dampak negatif terhadap siswa. “Terkait game, harus ada filterisasi dari pihak seperti Dinas Pendidikan untuk membuat aturan pembatasan perkembangan game,” kata Hamdani dalam keterangannya, Kamis (6/10).

Shopee Indonesia

Tak hanya guru, peran serta orang tua pun menjadi titik utama pengawasan siswa. Oleh karenanya pengawasan ini disebutnya sebagai tugas bersama antar masyarakat dan Pemerintah Daerah.

Shopee Indonesia

“Ini menjadi tugas bersama- sama antara pemerintah daerah dan masyarakat, khususnya orang tua,” ujar Hamdani.

Beberapa dampak negatif dari game online, katanya, dapat membuat siswa kecanduan bermain hingga menyebabkan tak fokus belajar. Peran serta orang tua yang memahami perkembangan teknologi oleh sebabnya penting untuk mengawasi anak-anak.

Dia menilai perlu ada regulasi dan inovasi yang dibentuk, salah satunya melakukan razia gawai sebelum belajar. Jika di lingkungan rumah, maka orang tua bisa membatasi jam main anak.

“Untuk mengantisipasi, regulasi dan inovasi yang harus dibentuk. Misalnya, bagi para guru yakni melakukan razia gawai sebelum belajar. Atau pada saat, anak- anak masuk sekolah. Untuk yang di rumah, orang tua membatasi anak bermain gawai. Terutama bagi anak-anak yang suka main game,” pungkasnya. (sumber: okezone)

Blibli.com
Shopee Indonesia
Blibli.com