Usut Kasus Pelecehan Seksual di UGM, Satgas Kumpulkan Data

Shopee Indonesia
Shopee Indonesia

Jakarta – Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) Ova Emilia menegaskan, tim Satgas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS) tengah mengumpulkan sejumlah data.

Pengumpulan data tersebut terkait dugaan pelecehan seksual di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.  Adapun terduga pelaku yang melakukan pelecehan lewat media sosial, diketahui merupakan mahasiswa Hubungan Internasional (HI).

“Sudah ditangani oleh tim. Kita menunggu prosesnya, karena semuanya memerlukan waktu. Kita juga sudah ada SOP berapa lama,” jelasnya saat dihubungi, dikutip Rabu (12/10) kemarin.

Shopee Indonesia

Ova membenarkan kasus tersebut sudah diterima tim Satgas PPKS. Sesuai prosedur, tim langsung bekerja untuk mengumpulkan data, sebagai pertimbangan untuk menyelesaikan persoalan tersebut.

Menurutnya, bukan hanya kasus kekerasan seksual yang menjadi fokus utama UGM. Bahkan, sebelum Kemenbudristek mengeluarkan aturan soal PPKS, UGM sudah memiliki unit khusus.

Satgas atau unit layanan tersebut sudah menangani banyak kasus di lingkungan kampus, termasuk memberikan literasi.

“Kasus semacam ini sudah dilaporkan ke satgas dan tim untuk klarifikasi dan pengumpulan data. Untuk bisa memberikan pertimbangan sebaik-baiknya. Jadi, tim sudah bergerak,” imbuh Ova.

Pihaknya memastikan kasus pelecehan tersebut akan diselesaikan secepat mungkin. Sebab, UGM juga memiliki tim penyangga di masing-masing fakultas, yang bisa bergerak cepat.

“Kalau universitas kan seolah-olah jauh, dengan adanya 20 fakultas yang sangat beragam. Jadi kita punya unit penyangga di masing-masing fakultas,” tukasnya. (medcom)

Blibli.com
Shopee Indonesia