19 Sekolah Raih Adiwiyata, SDN Gedongkuning Masuk Kategori

Berita Daerah29 Dilihat
Shopee Indonesia
Shopee Indonesia

Yogyakarta – Dinas Lingkungan Hidup dan kehutanan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menggelar penyerahan penghargaan Sekolah Adiwiyata yang dilaksanakan di Aula SMA N 1 Pengasih, Kulon Progo pada, 13 Oktober 2022.

Pada kegiatan tersebut, penghargaan diberikan pada 19 sekolah yang ada di DIY, salah satunya yaitu SDN Gedongkuning Kota Yogyakarta.

Shopee Indonesia

Kepala SDN Gedongkuning, Wiwin Prihadiningsih mengatakan, sekolah kami juga mendapatkan penghargaan itu. Menurutnya, itu sudah terverifikasi sejak 18 Juli 2022, saat dilakukan pengecekkan lapangan. Pihaknya bersyukur, atas prestasi yang diraih sekolahnya

Shopee Indonesia

“Paparan pertama atau verifikasi dokumen sudah sejak 28 Juni 2022 di kantor DLH Provinsi DIY. Menurut saya, penghargaan ini suatu kebanggaan, karena hanya 19 sekolah dalam satu provinsi,” terangnya belum lama ini.

Wiwin menuturkan, sebagai bentuk penghargaan, dalam proses penilaiannya juga melewati beberapa tahap. Hasil penilaian juga meliputi beberapa aspek. Pihaknya menambahkan, untuk tim penilai, langsung dari penyelenggara, yaitu DLH DIY.

“Tahap pertama, pengusulan calon Sekolah Adiwiyata. Yang kedua, sekolah harus lolos dari seleksi administrasi. Yang ketiga, verifikasi lapangan atau cek kondisi. Dan yang keempat, asistensi terhadap hasil temuan lapangan,” jelasnya.

Selain itu, Wiwin menambahkan, bahwa 19 sekolah itu tidak hanya dari Sekolah Dasar, melainkan ada yang dari SMP dan SMA. Sementara itu, selain sekolah yang menerima penghargaan, tamu undangan juga ditujukan kepada semua organisasi perangkat daerah (OPD) yang bersangkutan dalam Penghargaan Sekolah Adiwiyata tersebut.

“Yang hadir semuanya, dari kepala dinas provinsi sampai Kota atau Kabupaten se-DIY. Juga perwakilan kepala sekolah tingat SD, SMP, dan SMA,” imbuhnya.

Ia juga mengatakan, bahwa saat menghadiri acara pemberian penghargaan tersebut, tamu undangan dimohon memakai Ageman Gagrak Ngayogyakarta. Selain itu, ia berharap, agar sekolah-sekolah di Indonesia lebih baik dan lebih berkualitas lagi.

“Apabila sekolahnya bagus dan berkualitas, itu akan membawa atau mendapatkan siswa yang bagus juga, bahkan mampu meraih prestasi yang diharapkan,” terangnya. (joglojateng)

Blibli.com
Shopee Indonesia
Blibli.com